+ Indeks Berita

Kiat Tani

Restocking Benih Ikan Jadi Kunci Jaga Ketahanan Pangan Nasional di Tengah Pandemi

Kiat Tani 🕔Kamis, 15 Juli 2021 | 20:59

JAKARTA - Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu mengatakan meski pandemi Covid-19 masih membayangi, namun upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan . . .

Selengkapnya

Gubernur Herman Deru: Alat Ukur K3 Perbaiki Harga Karet Sumsel

Kiat Tani 🕔Kamis, 15 Juli 2021 | 20:53

BANYUASIN – Penggunaan alat ukur Kadar Karet Kering (K3) diyakini mampu memperbaiki kualitas karet dari Sumatera Selatan. Hal tersebut diutarakan Gubernur Sumsel H Herman Deru pada acara penyerahan bantuan . . .

Selengkapnya

Benih Bersertifikat Kunci Peningkatan Produktivitas

Kiat Tani 🕔Sabtu, 10 Juli 2021 | 18:27

JAKARTA - Benih bersertifikat memiliki kontribusi yang sangat besar dalam peningkatan produksi dan produktivitas tanaman. Dalam pemanfaatannya, benih tersebut harus terjamin mutunya, baik genetik, fisik, maupun . . .

Selengkapnya

Mustika, Ikan Mas yang Tumbuh Cepat dan Tahan Penyakit

Kiat Tani 🕔Sabtu, 05 Juni 2021 | 17:38

JAKARTA - Keberadaan ikan mas sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Si ikan air tawar ini sudah digemari banyak masyarakat Indonesia sejak lama. Tidak puas dengan ikan mas biasa, Kementerian Kelautan . . .

Selengkapnya

Program Magang bagi Petani Milenial Ternak Puyuh Sudah Bergulir

Kiat Tani 🕔Kamis, 27 Mei 2021 | 12:44

BANDUNG - Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengirim delapan petani milenial ternak puyuh untuk magang di Slamet Quail Farm (SQF) di Kabupaten Sukabumi selama tujuh hari. Program . . .

Selengkapnya

Kenali Penyakit Darah pada Pisang

Kiat Tani 🕔Selasa, 29 September 2020 | 14:21

JAKARTA - Penyakit darah merupakan salah satu penghambat dalam budidaya pisang, hal ini disebabkan oleh bakteri patogen tanaman yang disebut Ralstonia solanacearum ras 2, P. celebensis, atau Banana Blood Disease (BDB). . . .

Selengkapnya

Standarisasi Kualitas Produk, Singosari Lakukan Sertifikasi Benih Indigofera

Kiat Tani 🕔Minggu, 20 September 2020 | 11:07

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) terus berupaya menjaga standarisasi kualitas produk. Salah satunya, Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Ditjen PKH, . . .

Selengkapnya

Teknologi Pengendalian Terpadu Penyakit Busuk Buah Kakao (BBK)

Kiat Tani 🕔Selasa, 15 September 2020 | 17:53

PHYTOPHTHORA palmivora merupakan jamur patogen penyebab penyakit busuk buah kakao (BBK). Patogen ini menyerang berbagai bagian tanaman kakao, meliputi: daun, pangkal batang, batang, ranting, pucuk, bantalan bunga, dan . . .

Selengkapnya

Sulap Limbah Tapioka menjadi Nata de Cassava

Kiat Tani 🕔Selasa, 15 September 2020 | 17:47

INDONESIA merupakan negara penghasil ubi kayu atau singkong terbanyak keempat di dunia setelah Nigeria, Thailand dan Brasil. Pada tahun 2019 Indonesia memproduksi ubi kayu sekitar 20-21 juta ton. Pemanfaatan singkong di . . .

Selengkapnya

Kulit Kacang Tanah, Pakan Alternatif untuk Hewan Ternak

Kiat Tani 🕔Senin, 14 September 2020 | 18:57

KULIT kacang tanah yang dianggap limbah oleh banyak orang, ternyata memiliki nilai ekonomis dan berdaya jual tinggi. Pasalnya, kulit kacang tanah dapat diolah menjadi pakan alternatif untuk hewan ternak.Salah satu . . .

Selengkapnya