Eks Pimpinan KPK Bibit Samad Resmi Pimpin Satgas Dana Desa

Kabar Desa | DiLihat : 649 | Kamis, 6 Juli 2017 09:42
Eks Pimpinan KPK Bibit Samad Resmi Pimpin Satgas Dana Desa

Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo melantik Satgas Dana Desa. Satgas ini dipimpin mantan pimpinan KPK, Bibit Samad Rianto. 

"Satgas Dana Desa berperan untuk membantu para kepala desa supaya bisa menjalankan tugas sesuai yang diamanatkan undang-undang. Satgas bukan untuk menangkap kepala desa. Selain itu, Satgas harus punya kemampuan untuk bekerja sama dengan para kepala daerah dan 19 kementerian/lembaga," ujar Mendes Eko dalam prosesi pelantikan, Rabu (5/7/2017).

Pelantikan digelar di Ruang Oproom Gedung Utama, Kemendes, Jl Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, sekitar pukul 11.00 WIB. Ada 22 orang yang masuk satgas yang dibentuk untuk pengawasan penggunaan dana desa itu. 

Satgas Dana Desa juga akan membantu merumuskan kebijakan dan pengawasan pelaksanaan penggunaan dana desa. Selain itu, Satgas berperan membantu mengevaluasi regulasi terkait dengan dana desa, sosialisasi, advokasi, serta evaluasi. 

"Setiap ada pelanggaran, harus ditindaklanjuti. Tingkatkan koordinasi dengan penegak hukum sehingga masukan dari masyarakat bisa ditindaklanjuti dan memberi efek jera. Beri peringatan agar desa lain tidak melakukan hal yang sama," ucap Eko.

Menurutnya, keberhasilan Satgas Dana Desa akan mempercepat pengurangan kemiskinan, laju urbanisasi, dan mendorong kemajuan wilayah. Karena itu, masyarakat diminta aktif mengawasi penggunaan dana desa di wilayah masing-masing.

"Harapan dari masyarakat dan kita semua sangat besar pada Satgas Dana Desa ini. Pimpinan dan anggotanya dipilih berdasarkan masukan masyarakat dan kajian mendalam. Mereka memiliki rekam jejak yang baik di bidangnya dan memiliki pengetahuan tentang pengawasan dana desa dan pembangunan di Indonesia," tutur Eko.

Pembentukan Satgas Dana Desa mengacu pada Keputusan Mendes PDTT Nomor 50 Tahun 2017 tentang Pembentukan Satuan Tugas Dana Desa. Selain Bibit sebagai ketua, Satgas Dana Desa diisi Eko Bambang Riadi sebagai wakil ketua dan Douglas Pasaribu sebagai sekretaris. 

Berikut ini susunan Satgas Dana Desa.

- Eko Putro Sandjojo (pengarah)
- Anwar Sanusi (penanggung jawab)
- Bibit Samad Rianto (ketua)
- Eko Bambang Riadi (wakil ketua)
- Douglas Pasaribu (sekretaris)

Divisi Regulasi
- Erfi Hilmi (koordinator)
- Sutoro Eko Yunanto (anggota)
- Laode Rudita (anggota)

Divisi Sosialisasi dan Advokasi
- Eko Tjiptadi (koordinator)
- Arie Sujito (anggota)
- Nanang Mubarok (anggota)
- M Zainuddin (anggota)

Divisi Monitoring dan Evaluasi 
- Sudarno (koordinator)
- M Ma'roef Irfhany (anggota)
- Marta Sanjaya (anggota)
- Ari Turyandoko (anggota)

Divisi Hubungan Antarlembaga
- Heru Prayitno (koordinator) 
- Ari Gumelar (anggota)
-Poedjianto Hadi (anggota)

Divisi Pengaduan Masyarakat dan Pengawasan Internal
- Aloysius Mudjiono (koordinator)
- Mashudi (anggota)
- Ferryson Pasaribu (anggota) 
(fdn/dhn)

detik.com