Harga CPO Tinggi, Petani Sawit Panen Mobil Baru

Ekonomi | DiLihat : 189 | Senin, 04 April 2022 | 09:29
Harga CPO Tinggi, Petani Sawit Panen Mobil Baru

RIAU - Harga minyak sawit (CPO) dunia yang tinggi membuat harga tandan buah sawit (TBS) di tingkat petani juga mengalami kenaikan. Di Provinsi Riau, tingginya harga tandan sawit membuat warga yang memiliki kebun kelapa sawit semringah.

 

Salah satu yang dirasakan atas kenaikan harga minyak sawit adalah peningkatan gaya hidup. Banyak petani sawit yang kini membeli mobil.

 

"Tingginya harga sawit memang cukup membahagiakan kami. Saya mau beli mobil baru jenis Expander untuk istri," kata Supri (41) petani sawit asal Gondai, Kabupaten Pelalawan, Riau, Minggu (3/4/2022).

 

Selain dirinya banyak warga di daerah gondai yang juga membeli mobil atau menukarkan mobil dengan yang baru. Kebanyak mereka membeli di dua daerah, yakni di Pangkalan Kerinci, Ibu Kota Kabupaten Pelalawan, dan Kota Pekanbaru.

 

"Kalau teman-teman saya sudah banyak yang ganti mobil. Ada yang baru, ada yang bekas. Belinya di Pekanbaru dan Kerinci," ucap pria yang memiliki 3 hektare kebun sawit ini.

 

Dia mengatakan bahwa memang harga sawit saat ini jauh lebih baik dari harga beberapa bulan lalu."Dulu harganya Rp1.000 per kilo sekarang Rp3.600," ucapnya.

 

Adi Saputra, petani sawit, lainnya mengatakan bahwa dia sudah memesan mobil baru."Saya jual mobil lama. Saya diganti dengan yang dobel kabin. Saya beli kredit. Dengan harga sawit sekarang masih bisa bayar angsuran," kata Adi dari Kelompok Tani Berkah Sawit di Pelalawan. (sindo)