350 Pelaku UMKM di Jepara Mendapat Sertifikat Tanah

Kabar Desa | DiLihat : 194 | Minggu, 02 Januari 2022 | 20:37
350 Pelaku UMKM di Jepara Mendapat Sertifikat Tanah

JEPARA – Sebanyak 350 orang pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mendapat program sertifikat hak atas tanah. Sertifikat tanah diserahkan secara simbolis oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi di Desa Kawak, Kecamatan Pakis Aji, Kamis (30/12/2021).

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Jepara Samiadji menyampaikan, penyerahan sertifikat tanah tersebut merupakan upaya pemerintah dalam pelaku UMKM dalam mengakses pembiayaan atau permodalan.

“Ini untuk memberikan kekuatan hukum atas kepemilikan hak atas tanah bagi pelaku UMKM di Jepara,” kata Samiadji.

Disampaikan, dari total 350 orang pelaku UMKM yang mendapat sertifikat tanah, sebanyak 250 orang merupakan warga Desa Kawak, Kecamatan Pakis Aji. Sedangkan 100 orang sisanya, merupakan warga Desa Tahunan, kecamatan Tahunan.

Bupati Dian Kristiandi berpesan, sertifikat yang diterima dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Misalkan, untuk pengajuan pinjaman ke bank untuk tambahan modal usaha saat pandemi Covid-19.

“Jangan dibelikan perhiasan, nanti susah bayarnya,” kata Andi, sapaan akrabnya.

Jika tidak digunakan untuk pengajuan pinjaman, lanjutnya, bisa disimpan dengan sebaik-baiknya. Dan jika terpaksa untuk pengajuan pinjaman, ajukan sesuai kebutuhan saja.

“Kalau kebutuhan tambahan modal Rp50 juta, pinjam Rp50 juta saja, jangan sampai berlebih hingga Rp 200 juta. Ini justru akan memberatkan,” katanya.

Bupati berharap, program ini terus berlanjut di kecamatan lainnya dan menjadi upaya bagi pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19. Sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan membangun ekonomi kerakyatan di Kabupaten Jepara.