Seru dan Asyik Bermain Air di Desa Wisata Tanjungrejo, Kudus

Agro Wisata | DiLihat : 99 | Sabtu, 17 Juli 2021 | 06:45
Seru dan Asyik Bermain Air di Desa Wisata Tanjungrejo, Kudus

DESA Wisata Tanjungrejo Kecamatan Jekulo, Kudus Jawa Tengah menjadi salah satu desa wisata yang patut untuk dikunjungi.

Kades Tanjungrejo, Christian Rahardiyanto mengatakan, di Desa Wisata Tanjungrejo ada beberapa destinasi wisata yang ditawarkan, yakni wisata Cengkir Manis, wisata sawah, museum galeri, dan wisata petik buah. Sedangkan untuk destinasi unggulan terdapat spot river tubing dan flying fox. Kedua spot tersebut berada di destinasi cengkir manis.

“Di sini ada empat destinasi wisata, wisata cengkir manis, wisata sawah, museum galeri, dan wisata petik buah. Untuk yang petik buah kita proses penanaman buah anggur, sedangkan museum galeri saat ini baru proses. Kalau untuk unggulan ada river tubing, nanti kita akan ada river tubing dan flying fox,” jelas Chris.

Dengan adanya desa wisata Tanjungrejo ini, kata Chris diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga setempat. Apalagi saat ini tengah masa pandemi. Wisata ini juga diharapkan menjadi momen bangkit kembali di sektor ekonomi.

“Destinasi wisata ini dapat meningkatkan perekonomian warga setempat melalui destinasi wisata. Brand malam ini akan menjadi tolak ukur keseriusan kita,” kata Chris.

Terpisah, Kabid Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Mutrikah mengatakan dengan launching Desa Tanjungrejo menjadi desa wisata, saat ini desa wisata di Kudus ada sebanyak 15 desa. Ke depan belasan desa wisata pun akan didorong untuk mengembangkan potensi yang ada di masing-masing desa.

“Pengembangan secara bertahap kita eksplorasi potensinya dan persiapan SDM kekuatan anggaran juga kita siapkan. Kita bertahap untuk melakukan pendampingan. Tahun ini yang sudah dilakukan pendampingan ada 5 desa. Kita fokuskan di Lereng Muria, kita kembangkan kopi muria. Kita kembangkan dengan potensi yang lain. Jadi agrowisata tumbuh kembang sampai sekarang itu belum digarap,” tambah Tika kepada wartawan selepas acara launching desa wisata Tanjungrejo.