Dorong Udang Vaname Jadi Produk Unggulan Kalteng

Potensi Desa | DiLihat : 117 | Selasa, 13 Juli 2021 | 06:18
Dorong Udang Vaname Jadi Produk Unggulan Kalteng

PALANGKARAYA – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Kelautan dan Perikanan Kalteng melalui program pembangunan kawasan shrimp estate di Kabupaten Sukamara. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Senin (12/7/2021).

Hadir mendampingi Wagub Kalteng, Plt. Setda H. Nuryakin, Kadis Kelautan dan Perikanan H. Darliansjah, Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral Ermal Subhan, Kepala Bappeda Yuren S. Bahat, Dirut Bank Kalteng Yayah Diasmono serta kepala perangkat daerah terkait.

Wagub menyampaikan beberapa hal penting yang pertama bahwa rencana pembangunan untuk kawasan udang vaname yang ada di sukamara ini berawalnya adalah semangat kita semua, semangat yang di gaungkan oleh masyarakat Sukamara. Karena mereka ingin berusaha di bidang perikanan, khususnya udang vaname ini memberikan dampak positif terhadap ekonomi. Dan beberapa kali hasil ini sudah ditinjau oleh bapak Gubernur.

“Bahwa udang vaname ini bisa kita kembangkan kemudian hari menjadi produk unggulan Kalteng. Artinya, kita harus membuat klaster-klaster di semua potensi yang ada di Kalteng. Itu semangat yang ingin dibangun pak Gubernur” ucapnya.

“Paling tidak ditengah ekonomi yang semakin tidak menentu akibat pandemi covid ini juga masih ada secercah harapan dari masyarakat. Semangat ini yang harus kita satukan visi dan misi kita. Keinginan bapak gubernur sangat baik sekali. Bahwa beliau merespon ini” tutupnya.

Dampak program tambak udang vaname Prov. Kalteng di Kabupaten Sukamara sendiri pun adalah terbangunnya kawasan tambak udang vaname sebanyak 5 klaster dengan luas 26 ha. Kedua kawasan tambak udang vaname di Kabupaten Sukamara menjadi model untuk Kalteng dan nasional.

Tiga, terbangunnya infrastruktur antara lain jalan dengan kondisi mantap dan ketersediaan jaringan listrik sampai ke desa-desa. Empat, penyerapan tenaga kerja milennial dan sarjana perikanan berwirausaha tambak udang vaname di Kabupaten Sukamara khususnya dan di Kalteng umumnya. Lima memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah dan nasional, juga PAD Kalteng.