Spirit dan Apresiasi Para Tokoh di HUT Ke-12 Pandu Tani Indonesia

Poros Tani | DiLihat : 498 | Minggu, 30 Agustus 2020 | 17:44
Spirit dan Apresiasi Para Tokoh di HUT Ke-12 Pandu Tani Indonesia

JAKARTA - Tak banyak organisasi nirlaba di Tanah Air yang benar-benar mampu secara mandiri membangun eksistensinya, terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini. Namun lembaga Pandu Tani Indonesia (Patani) bisa mewujudkan itu.


Tak hanya eksis berkegiatan, di hari jadinya ke-12 tahun Patani malah mampu mempersembahkan sebuah buku berjudul Jebakan Krisis dan Ketahanan Pangan: Sehimpun Saran & Solusi. Buku yang ditulis 9 tokoh terkemuka ini, diluncurkan dalam rangkaian puncak acara HUT ke-12 Patani, pada Minggu (30/8), secara daring melalui aplikasi zoom.

"Bisa membumikan eksistensinya di 34 provinsi di Indonesia, bahkan hingga ke kota dan kabupaten, itu tentu perjuangan luar biasa. Apalagi organisasi nirlaba seperti Pandu Tani ini secara mandiri harus menghidupi kebutuhannya, tanpa ada anggaran dana dari pemerintah," kata Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Gotong Royong Prof Rochmin Dahuri dalam testimoninya di puncak acara HUT ke-12 Patani.

Di kesempatan yang sama, Prof Bomer Pasaribu juga menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas HUT ke-12 Patani. "Terkhusus kepada Pak Sarjan Tahir selaku Dirut Patani apresiasi kami sampaikan. Juga untuk keluarga besar Patani di seluruh Indonesia," ujar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada paruh pertama era Presiden Abdurrahman Wahid ini.

Setali tiga uang, mantan Kabulog Sutarto Alimoeso tak segan memuji keberpihakan Pandu Tani terhadap nasib dan kesejahteraan petani di seluruh Indonesia. Menurutnya, kehadiran Patani mampu memberi spirit bagi petani untuk tetap gigih berjuang memenuhi pangan 268 juta penduduk Indonesia.

"Patani juga mampu menyinergikan semua potensi yang ada, termasuk menggandeng stake holder dan pihak swasta untuk bersama-sama memajukan dunia pertanian Tanah Air," ujar Sutarto.

Selain ketiga tokoh tersebut, para pengurus pusat, kanwil dan kacab Patani serta perwakilan undangan yang ikut zoom meeting juga secara bergantian menyampaikan ucapan selamat dan doa di HUT ke-12 Patani. Usai peluncuran buku Jebakan Krisis dan Ketahanan Pangan, acara ditutup dengan pemotongan tumpeng dan doa.



PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Tag Berita

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau