Pemkab Kepulauan Seribu Kembangkan Program Pekarangan Pangan Lestari

Agro Style | DiLihat : 653 | Kamis, 20 Agustus 2020 | 09:07
Pemkab Kepulauan Seribu Kembangkan Program Pekarangan Pangan Lestari

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) mengembangkan program Pekarangan Pangan Lestari atau P2L.

Pengembangan P2L ini sendiri dilakukan di enam kelurahan, dan melibatkan kelompok wanita tani (KWT), melalui budidaya tanaman sayuran dan buah secara hidroponik maupun konvensional.

"Berbagai jenis tanaman ditanam di pekarangan maupun lahan kosong milik warga untuk memperbanyak lagi penghijauan sekaligus ketahanan pangan di Kepulauan Seribu," kata Kepala Seksi Ketahanan Pangan Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Parsan, Rabu (19/08/2020).

Parsan menjelaskan, beberapa lokasi binaan seperti di Kampung Kelor Pulau Tidung yang lebih dulu ada bersama KWT Hijau Lestari Pulau Pramuka sudah panen berbagai jenis sayuran seperti, pakcoy, cabai dan kangkung.

“Kini di empat kelurahan lainnya sedang mulai  proses penyemaian benih sayuran, diperkirakan 28 Agustus mendatang sudah bisa panen perdana. Sehingga konsumsi protein nabati bagi warga berimbang, selain itu lingkungan tempat tinggal menjadi lebih asri dan menambah estetika halaman," tandasnya.