Perajin UMKM Diminta Pasarkan Produk Sumsel ke Nasional hingga Mancanegara

Ekonomi | DiLihat : 273 | Rabu, 19 Agustus 2020 | 10:27
Perajin UMKM Diminta Pasarkan Produk Sumsel ke Nasional hingga Mancanegara

PALEMBANG - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  kerajinan khas Sumatera Selatan memiliki tempat produksi dan pemasaran baru di Palembang, yakni Kriya Sriwijaya. Dengan adanya tempat ini, para perajin umkm Sumsel diharapkan dapat memasarkan hasil kerajinan tembus pasar nasional, bahkan mancanegara.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumsel, Febrita Lustia Herman Deru atau sering disapa Febi Deru mengatakan Gedung Kriya Sriwijaya merupakan bentuk aksi nyata dari Dekranasda Sumsel menjaga lestarikan kesenian dan kebudayaan dengan memberikan tempat bagi perajin UMKM di Sumsel.

“Itu tujuannya agar khas-nya Sumsel lebih dikenal lagi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, mancanegara,” ujar dia kepada SariAgri.id di Palembang.

Ia menjelaskan, pemanfaatan Gedung Kriya Sriwijaya yang selama ini digunakan sebagai sekretariat Dekranasda belum termanfaatkan secara maksimal.

“Sekarang gedung ini menjadi pusat edukasi, pengembangan, dan promosi bagi pelaku usaha. Nantinya berbagai kegiatan dan kreativitas akan digelar di sini,” kata dia.

Masih kata dia, Kriya Sriwijaya akan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat yang ingin mempelajari proses pembuatan kerajinan yang ada di Sumsel.

"Seperti sulam angkinan, yang merupakan sulam khas Sumsel. Kain beludru, benang emas, benang sulam, dan aneka jenis benang lain menjadi bahan utama pembuatan aksesoris rumah tangga kerajinan sulam angkinan," urai Febi.

Sebagai pusat pengembangan, lanjut dia, Kriya Sriwijaya juga menjadi etalase berbagai produk kerajinan berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Sumsel.

“Ya, ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo menyelenggarakan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Berbagai kegiatan yang dilakukan Kriya Sriwijaya sebagai bentuk dukungan kepada pelaku UMKM selama pandemi COVID-18,” imbuhnya.

Selain itu, sambung dia, Kriya Sriwijaya ini merupakan kegiatan nyata dalam melestarikan budaya dan adat-istiadat Sumsel, sehingga tetap terpelihara.

“Jadi, Kriya Sriwijaya ini dapat menjadi tujuan wisata bagi para tamu yang datang berkunjung dari luar Sumsel,” singkat dia.


sariagri