Pesona Stroberi Lembah Asri

Agro Wisata | DiLihat : 476 | Jumat, 24 Juli 2020 | 21:22
Pesona Stroberi Lembah Asri

AGRO wisata ‘Lembah Asri’ di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, merupakan daerah dataran tinggi tepatnya di lereng gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 65-1.300 m dpl. Agro wisata ini menyajikan potensi wisata utama berupa petik stroberi.

    Selain itu, ada berbagai permainan outbond, wisata berkuda, ATV, kids farmer, tracking, camping ground, paint ball dan sejumlah permainan menarik. Rata-rata jumlah kunjungan pada akhir pekan mencapai 1.000 orang.

    Agrowisata ini berjarak dari kota Kabupaten Purbalingga sekitar 25 kilometer, disarankan lewat jalur yang lebih singkat lagi yakni lewat pertigaan Serayu sebelum Bobotsari untuk berbelok ke kiri dan langsung menuju ke Karangreja. Sepanjang perjalanan pengunjung akan di suguhi hamparan pepohonan yang mengijau, bak permadani. Udara yang sejuk membuat AC kendaraan tidak perlu dihidupkan.

    Sampai di tempat lokasi pengunjung akan langsung akan melihat hamparan kebun stroberi yang menghijau tertanam rapi, dengan buah stroberi yang kemerahan. Untuk menikmati wisata di Desa Serang, tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Hanya cukup mengeluarkan Rp15 ribu dan makan sepuasnya di kebun. Jika ingin membawa pulang, per kilogram stroberi cukup membayar Rp25 ribu. Wahana lain seperti naik kuda cukup Rp10ribu dengan berkeliling kebun. Kemudian naik ATV seharga Rp12 ribu.

    Desa Wisata Serang menyediakan paket wisata pertanian “Agro Kid’s” yang ditujukan bagi anak – anak, mulai dari PAUD hingga SLTP. Melalui paket wisata ini, peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan pertanian.

    Bagi pengunjung yang ingin lebih dekat dengan alam, Desa Wisata Serang juga menyediakan jalur untuk menikmati keindahan alam dengan berjalan kaki. Pengunjung dapat berkeliling untuk melihat pemandangan yang mengagumkan, seperti Gunung Slamet, hamparan kebun buah stroberi dan sayur mayur, sungai, serta hutan yang ada di Desa Serang.

    Kemudian ada Rapelling yakni menyediakan paket wisata yang akan menguji nyali Anda dengan menyusuri tebing setinggi 30 meter. Pengunjung tidak perlu merasa khawatir untuk mengikuti paket wisata ini karena akan didampingi oleh ahlinya, sehingga dapat terjamin keamanannya.

    Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Desa Agrowisata Serang lebih dari satu hari tidak perlu merasa khawatir dimana tempat untuk menginap di penduduk sekitar untuk menyediakan homestay, untuk di pinggir jalan ada sekitar 10 kamar dan 40 kamar di dalam desa. Sedangkan pengunjung dengan jumlah rombongan yang banyak (lebih dari 40 orang) dapat menginap di Villa.

    Untuk oleh-oleh juga disediakan oleh pusat jajannya, seperti gethuk stobery, pudding strobery, kripik daun strobery, sirup strobery, winbery (sejenis minuman yang dari strobery yang telah difermentasikan). Selain jajan yang semuanya berasal dari strobery pengunjung pun bisa membeli oleh-oleh hasil pertanian warga setempat, seperti kol, cabai, daun bawang, dan tomat.

    Dan jika mempunyai kesempatan bisa berkunjung saat Festival Gunung Slamet (FGS) yang digelar satu tahun sekali yang bisasnya dilakukan saat bulan syura. Pada festival ini kemeriahan lebih terasa lagi dikarenakan jumlah pengunjung akan tumpah ruah.(Sap’s)