AHY: Calon Kepala Daerah Mesti Memiliki Konsep Green Economy

Poros Tani | DiLihat : 927 | Rabu, 22 Juli 2020 | 08:40
AHY: Calon Kepala Daerah Mesti Memiliki Konsep Green Economy

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambut positif gagasan besar green economy yang ditawarkan lembaga Pandu Tani Indonesia (Patani).

Menurut AHY, Partai Demokat yang pro-petani, nelayan, serta pelaku usaha kecil menengah (UMKM) tentunya akan selalu fokus pada perjuangan mulia dari pada gagasan besar ini. Bahkan konsep ini akan disampaikan kepada calon kepala daerah (cakada) dari Partai Demokrat, yang akan berlaga di Pilkada 2020, untuk menjadi komitmennya jika kelak terpilih.

Demokrat juga, ujar AHY, dengan senang hati dan siap bersinergi bersama Patani karena memiliki visi dan misi yg sama di dalam menerapkan konsep green economy berbasis kerakyatan tersebut.
Konsep ini pun harus digerakkan karena memiliki target peningkatan kesejahteraan petani dan nelayan.

"Konsep ini bahkan mampu mengatasi kesenjangan sosial para pelaku usaha kecil menengah (UMKM) dengan pelaku usaha skala besar," ujar AHY saat beraudiensi dengan pengurus Patani, di Cikeas, Bogor, (Selasa 21/7).

Di pertemuan tersebut, AHY didampingi Wasekjen Partai Demokrat Jovan. Sementara tim Patani yang hadir adalah Direktur Utama (Dirut) Sarjan Tahir, anggota pengarah Patani Harry Santoso, dan Sestama Patani Andi Yazi.

Dalam kesempatan itu, AHY juga menyampaikan, bahwa politik pangan menjadi perhatian yang perlu diselaraskan dengan kebutuhan para stakeholder agar terjadi harmoni yang indah dalam membangun kedaulatan pangan di negeri ini. "Partai Demokrat dan Patani akan melakukan pertemuan selanjutnya untuk membahas detail program yg bisa dikerjasamakan," ujar AHY.

Sementara itu, Dirut Patani Sarjan Tahir mengemukakan, konsep ketahanan pangan perlu didorong oleh para cakada di daerahnya masing-masing, yaitu dengan melakukan Gerakan Green Economy Kerakyatan sebagai landasannya. Untuk itulah, maka dalam seleksi bakal cakada nanti, Sarjan berharap AHY berkenan menginstruksikan para kandidat dari Partai Demokrat untuk berkomitmen mengusung gagasan besar tersebut.

"Para cakada mesti memberi perhatian yang besar pada usaha petani, nelayan dan UMKM, terutama berupa kebijakan dan anggaran yang besar pada sektor tersebut di daerahnya masing jika terpilih sebagai kepala daerah," kata Sarjan.

Sarjan juga menyampaikan bahwa Patani siap mendukung dengan menyediakan sejumlah program dan fasilitas antara lain Marketplace Pataniku yang sedang proses finalisasi, dan akan menerbitkan buku series mengenai Ketahanan Pangan yang melibatkan pakar, akademisi, praktisi, pelaku pertanian (petani/pengusaha), termasuk para pengurus Patani.

Selanjutnya, Patani juga menghadirkan News Online Desamodern.com, portal berita yang berisi informasi seputar desa, pertanian, perikanan, perkebunan, UMKM, perdagangan, ekonomi, dan lain sebagainya.

"Ada juga program berupa kampung patani berbasis komoditi dan kawasan dengan target "Make Farmers Happier" yang diolah oleh tim Patani yang terdiri dari tim tranding & planting, tim kebijakan daerah, tim pelatihan dan riset, tim lahan dan energi terbarukan, serta tim onvestasi dan ekonomi," pungkas Sarjan. (End)