Kreatif, BUMDes Amarta Siap Ekspansi Pasar Melalui Website dan Pasar Desa Online

Kabar Desa | DiLihat : 1214 | Selasa, 2 Mei 2017 11:29
Kreatif, BUMDes Amarta Siap Ekspansi Pasar Melalui Website dan Pasar Desa Online

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Berdirinya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di tengah-tengah masyarakat desa tak lain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa dan mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Perkembangan bisnis yang semakin dinamis seiring dengan majunya teknologi, membuat pengelola BUMDes Amarta Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman melakukan terobosan baru yaitu dengan meluncurkan website dan pasar desa berbasis daring atau online.

Dengan mengakses bumdesamarta.com masyarakat dapat melihat berbagai produk yang ditawarkan BUMDes yang memiliki unit usaha bank sampah dan toko desa ini.

"Mungkin kita satu-satunya BUMDes yang memiliki website dan pasar desa online di Sleman," ujar Agus Setyanta Direktur BUMDes Amarta sekaligus Ketua Forkom BUMDes Sleman kepada Tribun Jogja beberapa waktu lalu.

Agus menjelaskan website tersebut sudah dapat diakses sejak 17 April lalu, meski telah dirancang lama. Alasan diluncurkannya website tak lain karena BUMDes sebagai motor penggerak ekonomi desa harus bisa mewadahi UMKM yang ada di desa, agar hasil kerajinan dapat mudah diakses pasar.

"Kami punya Toko Desa tetapi itu terbatas hanya sekedar wisatawan. Kalau kita tawarkan space yang lebih besar tentu kita kesulitan modal. Tren untuk saat ini adalah online Dan kami merencanakan website untuk mengenalkan unit dan juga sebagai tempat untuk mendisplay produk yang bisa diakses secara nasional. Dan jangkauan waktu bisa 24 jam," jelas Agus rinci.

Pembuatan website ini sendiri dibantu oleh konsultan di bidang website yaitu Geo Online yang merupakan rekan dari Agus.

Selain pembuatan website, Geo Online juga siap membantu untuk perawatan website. Geo online menawarkan dan sangup memberikan pelatihan untuk operator.

Sesuai dengan tujuan BUMDes untuk kesejahteraan masyarkat luas, website dan pasar desa BUMDes Amarta juga siap memasarkan produk BUMDes dan UMKM daerah lain, tidak hanya Sleman bahkan bisa luar DIY.

Toh, menurut Agus hal ini semakin bagus karena varian produk semakin banyak, produk bisa laku dan BUMDes Amarta juga bisa mengambil keuntungan.

"BUMDes lain bisa titip produk juga. Kami bisa mendapat benefit dari produk BUMDes lain juga. Saling menguntungkan, simbiosis mutualisme," cetusnya.

Agus pun mengaku akan terus mengembangkan website dan pasar desa online agar lebih baik lagi. Ia pun optimis dengan program ini mengingat pertumbuhan bisnis online yang semakin menanjak.

Terlebih, masyarakat sudah semakin percaya dengan sistem jual beli online. (*)