Produk UMKM Boyolali Diminati Masyarakat Moskow

Kabar Desa | DiLihat : 620 | Senin, 14 Agustus 2017 15:32
Produk UMKM Boyolali Diminati Masyarakat Moskow

 Boyolali: Sejumlah produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), seperti abon lele, tas kulit ikat pari, dan kerajinan tembaga Tomang banyak diminati masyarakat di Moskow, Rusia. Kondisi ini diharapkan bisa terus membaik di masa mendatang.

"Kami yang mengikuti pameran UMKM dalam Festival Indonesia 2017 di Hermitage Garden Moskow, Rusia, selama tiga hari banyak produk kerajinan yang habis diserbu pengunjung," kata Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Dinkopnaker) Kabupaten Boyolali Agus Partono, seperti dikutip dari Antara, Senin 14 Agustus 2017.Menurut Agus Partono, masyarakat Moskow pada hari pertama kegiatan pameran UMKM Indonesia termasuk Boyolali langsung menyerbu saung untuk membeli produk makanan abon lele. Mereka setelah merasakan nikmanya abon lele produk Boyolali, kemudian membeli sehingga tidak ada barang yang tersisa.

"Hal ini menjadi peluang dan untuk pengembangan bisnis sangat terbuka bagi UMKM di Moskow," kata Agus Partono, setelah mengikuti kegiatan pameran UMKM Indonesia di Rusia beberapa waktu lalu.

Selain itu, produk UMKM asal Boyolali yang banyak diminati oleh masyarakat Moskow adalah kerajinan tas dan dompet bahan baku ikan pari juga laris terjual. Bahkan, banyak masyarakat Moskow banyak yang menanyakan bagaimana cara membeli produk itu dengan biaya kirimnya.

"Kami juga melihat produk UMKM kerajinan tembaga Tomang Boyolali banyak diminati masyarakat Moskow. Mereka misalnya tertarik corak ukiran yang diproduksi oleh para perajin kita seperti lampu hias dan sebagaimanya," ucap Agus Partono.

metrotvnews.com