Fokus Kembangkan Ekonomi Lokal

Kabar Desa | DiLihat : 531 | Rabu, 24 Mei 2017 13:50
Fokus Kembangkan Ekonomi Lokal

Ekonomi lokal yang bergerak dan terus tumbuh akan menciptakan nilai tambah dan pendapatan terutama bagi masyarakat miskin sehingga kesenjangan dapat dipersempit.

JAKARTA – Pemerintah meyakini pengembangan ekonomi lokal sangat krusial bagi Indonesia karena bisa mendukung kinerja pertumbuhan ekonomi nasional. Karena itu, pemerintah berkomitmen menggerakkan sektor produktif dengan membangun infrastruktur dan mendorong investasi, terutama di daerah.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengatakan roda pergerakan ekonomi lokal yang terus berkembang bisa memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional untuk terus tumbuh dan bergerak dalam menghadapi tantangan global. Selain itu, kata dia, pengembangan ekonomi daerah juga penting karena perputaran kegiatan ekonomi daerah akan memerlukan tambahan tenaga kerja dan sekaligus memperluas kesempatan kerja.

Dia menambahkan ekonomi lokal yang bergerak dan terus tumbuh juga akan menciptakan nilai tambah dan pendapatan terutama bagi masyarakat miskin sehingga kesenjangan pendapatan dapat dipersempit. “Aktivitas ekonomi yang mampu menciptakan kesempatan kerja, nilai tambah dan pendapatan bagi masyarakat miskin, bisa mendorong pertumbuhan ekonomi berkualitas, yang mampu mengurangi pengangguran, kemiskinan dan mempersempit kesenjangan,” kata Bambang dalam acara peresmian kerja sama Indonesia-Kanada untuk pengembangan ekonomi lokal, di Jakarta, Selasa (23/5).

Lebih lanjut, Bambang menegaskan pengembangan ekonomi daerah mempunyai peran penting karena perputaran kegiatan ekonomi lokal akan memberikan ruang yang lebih luas bagi pelaku koperasi, usaha kecil dan menengah (UKM). Secara keseluruhan, menurut Bambang, pengembangan ekonomi lokal juga berperan besar dalam mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

Terkait pengembangan ekonomi lokal, pemerintah Indonesia dan Kanada bekerja sama dana sebesar 18 juta dollar Kanada atau 178 miliar rupiah ke Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tenggara.

 

Pemberdayaan UMKM

 

Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Peter MacArthur, menilai proyek itu untuk melaksanakan strategi pengembangan ekonomi lokal dan daerah guna mengurangi hambatan pengembangan usaha sehingga iklim investasi kondusif.

MacArthur mengatakan proyek kemitraan akan dilaksanakan selama 2016–2020. “Ini merupakan sebuah realisasi dari komitmen Kanada untuk mendukung Indonesia dalam mewujudkan pembangunan dan prioritas ekonominya,” tutur dia. 

koran-jakarta.com