APARATUR DESA HARUS MELEK INTERNET

Kabar Desa | DiLihat : 497 | Kamis, 6 April 2017 11:52
APARATUR DESA HARUS MELEK INTERNET

RMOL. Selain sistem pengelolaan dan tata administrasi pemerintahan desa yang baik dan teratur, para aparatur desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) diharapkan "melek" internet. Hal tersebut berkaitan dengan penilaian lomba desa 2017 ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten OKU, Drs Ahmad Firdaus MSI mengatakan, saat ini pihaknya mulai melaksanakan penilaian lomba desa untuk tahun 2017. Dimana penilaian lomba desa ini diikuti oleh seluruh desa di Kabupaten OKU.

Seperti tahun sebelumnya sambung dia, penilaian lomba desa 2017 masih menitikberatkan pada hal penilaian antara lain sistem pengelolaan administrasi desa, pengelolaa pemerintahan desa, serta penilaian lainnya seperti kelembagaan desa serta partisipasi masyarakat desa.

Selain itu pada penilaian desa tahun ini, ada dua hal pokok yang akan ditekankan yakni kesiapan desa pemenang lomba desa terhadap penanggulangan bencana serta keberadaan jaringan internet di desa.

Menurut dia, kesiapan menanggulangi bencana berarti desa pemenang lomba desa harus siap standby dalam upaya penanggulangan bila terjadi bencana alam. Sementara kesiapan jaringan internet, diharapkan desa yang menjadi pemenang lomba desa dapat menjadi contoh sebagai desa yang paham dan mengerti serta memanfaatkan jaringan internet dalam kegiatan kerja dilingkungan pemerintahan desa, bahkan lingkungan masyarakat desa.

"Selama ini untuk internet sudah ada atau masuk jaringan di 13 kecamatan. Namun belum dimanfaatkan secara optimal di pemerintahan desa, kita harapkan jaringan internet ini nantinya dijadikan salah satu media pendukung kerja para aparatur desa serta perangkat lainnya," tambahnya. [yip]

sumber : rmolsumsel.com