Kampus Diajak Berkontribusi Tingkatkan PDB Perikanan

Kampus Diajak Berkontribusi Tingkatkan PDB Perikanan

, JAKARTA - Perguruan tinggi diajak berkontribusi mengejar target peningkatan kontribusi produksi domestik bruto perikanan 12% terhadap PDB nasional pada 2019.

Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Slamet Soebjakto mengatakan, perguruan tinggi dapat berperan melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memanfaatkan sumber daya alam perikanan.

Data BPS menyebutkan PDB subsektor perikanan pada kuartal I/2017 senilai Rp84,4 triliun atau berandil hanya 2,6% terhadap PDB nasional.

KKP, tutur Slamet, sedang fokus mengomptimalkan SDA perikanan agar menjadi tumpuan pembangunan ekonomi nasional. Adapun secara mikro, sektor ini akan didorong agar benar-benar berdampak terhadap pergerakan ekonomi masyarakat.

"Perguruan tinggi memiliki aset sumber daya dan iptek. Tentunya ini merupakan kekuatan besar untuk dapat berperan secara aktif membangun perikanan nasional,” ujar Slamet dalam siaran pers saat berdialog publik di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (31/7/2017).

Di Sulawesi Tengah, sambung dia, pemerintah mengimplementasikan program Bina Pesisir yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengembangkan budidaya rumput laut yang menjadi unggulan provinsi itu.

Sementara itu, Dekan Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako Burhanudin Sundu mengatakan perguruan tinggi siap mendorong mata kuliah perikanan agar relevan dengan kondisi saat ini.

"Kami ingin sarjana perikanan lebih mumpuni dan menjadi problem solver bagi masyarakat perikanan. Sebagai bentuk tanggung jawab, kami sepakat untuk mengalokasikan lahan seluas 100 ha untuk digunakan di bidang perikanan budidaya,” katanya.

Sulteng merupakan produsen rumput laut E. cottoni terbesar ke-3 di Indonesia. Pada 2015, produksi rumput laut provinsi ini 1,36 juta ton atau menyumbang 13% terhadap produksi nasional yang mencapai 10,1 juta ton.

bisnis.com

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :