Lamahu, Desa Digital Pertama di Indonesia

Lamahu, Desa Digital Pertama di Indonesia

GORONTALO, KOMPAS.com –  Desa Lamahu, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango menjadi desa digital pertama di Indonesia.

Di desa yang mayoritas penduduknya petani ini terpasang kamera pengintai yang disimpan di sepanjang kiri dan kanan jalan. Dengan kamera pengintai, lalu lalang kendaraan dan pejalan kaki di jalan kecil beraspal itu terpantau Lamahu Command Center yang berada di kantor desa.

“Di masing-masing perangkat desa dan dusun juga dibekali gawai untuk memantau kemanan desa melalui kamera pengawas yang tersebar di sudut jalan desa. Ini adalah e-Siskamling,” ujar Hasan Hasiru, Kepala Desa Lamahu, Kamis (6/4/2017).

Selain itu, masyarakat juga daat memanfaatkan 17 jaringan internet yang terdapat di beberapa kawasan. Warga desa yang umumnya kaum muda dengan senangnya menggunakan media sosial di kawasan free-wifi ini.

Desa Lamahu, sambung Hasan, mengusung konsep desa berbasis digital dalam pelayanan kemasyarakatan dan pemerintahan.

Digitalisasi layanan ini diharapkan menjadi pendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi, menunjang proses pendidikan, dan menciptakan ketertiban warga dalam kehidupan bermasyarakat.

“Di Desa Lamahu ini terdapat infrastruktur digital yang terdiri dari 32 smartphone, 32 kamera pengintai, 32 lampu otomat, dan 17 unit kawasan free-wifi,” imbuhnya.

Infrastruktur tersebut merupakan bantuan Telkomsel untuk mewujudkan desa mandiri berbasis digital. Dengan jumlah penduduk 326 kepala keluarga atau 1.219 jiwa, desa ini bersolek untuk menyongsong abad digital.

sumber : kompas.com

  • Bagikan :
  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :