Pengembangan Perangkat Monitoring dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove Indonesia

Iptek 🕔Jumat, 07 Agustus 2020 | 14:53

INDONESIA memiliki ekosistem mangrove terbesar di dunia dengan variasi habitat dan keragamanan hayati yang melimpah. Total lahan mangrove di Indonesia adalah 3.112.989 hektare atau  22,6  persen  dari . . .

Selengkapnya

Mitigasi Bencana melalui Penelusuran Arsip Iklim

Iptek 🕔Selasa, 04 Agustus 2020 | 20:19

PEMAHAMAN mengenai mekanisme iklim, khususnya di wilayah Indonesia, menjadi penting dalam usaha melakukan mitigasi atau adaptasi terjadinya bencana iklim. “Untuk memahami mekanisme iklim diperlukan pemahaman . . .

Selengkapnya

Rekaman dari Karang Ungkap Ancaman Bencana Iklim bagi Indonesia

Iptek 🕔Selasa, 04 Agustus 2020 | 20:13

INDONESIA terletak di antara dua Samudra luas yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, yang dikenal sebagai kolam air hangat (dikenal dengan istilah west Pacific warm pool) yang memegang peranan penting dalam perubahan . . .

Selengkapnya

Nilai Penting Status Ekosistem Pesisir Indonesia

Iptek 🕔Kamis, 30 Juli 2020 | 18:13

SEBAGAI negara kepulauan, Indonesia memiliki ekosistem pesisir yang berperan penting. Tidak hanya melindungi garis pantai dari abrasi tetapi juga mendukung sektor ekonomi bagi masyarakat lokal. Kerusakan ekosistem . . .

Selengkapnya

Ketahanan Air, Pangan dan Energi pada Era Kenormalan Baru

Iptek 🕔Kamis, 30 Juli 2020 | 17:54

BERDASARKAN data Global Food Security Index pada tahun 2018, ketahanan pangan global Indonesia berada di peringkat 65 dunia dan peringkat ke-5 di ASEAN. Meski peringkat terus naik, namun kendala di sektor air, . . .

Selengkapnya

Kondisi Terkini Ekosistem Pesisir Indonesia

Iptek 🕔Rabu, 29 Juli 2020 | 19:03

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Oseanografi – Coremap CTI merilis data terkini terkait status ekosistem perairan meliputi padang lamun, terumbu karang, dan mangrove di . . .

Selengkapnya

Penemuan “Kecoak Laut Raksasa” Pertama dari Laut Dalam Indonesia

Iptek 🕔Rabu, 29 Juli 2020 | 18:58

PENELITI Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil mendeskripsikan jenis baru krustasea (udang-udangan) Bathynomus raksasa yang pertama dari laut Indonesia. Lokasi penemuan berada di Selat Sunda dan selatan . . .

Selengkapnya