+ Indeks Berita

Jejak Tani

Hasrat Amerika Menguasai Niaga Lada di Sumatera

Jejak Tani 🕔Minggu, 27 September 2020 | 19:01

Replika kapal Friendship. Setelah kapal aslinya tidak ditemukan, Amerika Serikat membuat replika kapal bersejarah itu untuk museum. Foto: panoramio.com.TAK terima kapal niaganya, Friendship, dibajak, senator sekaligus . . .

Selengkapnya

Selamat Hari Tani ke-60, Semoga Petani Makin Makmur...!

Jejak Tani 🕔Kamis, 24 September 2020 | 05:52

PERNAHKAH kalian berpikir dari mana sumber makanan yang kalian konsumsi sehari-hari ? Makanan yang disediakan oleh Ibu kamu di meja makan, makanan yang biasa kalian order melalui ojek online, makanan yang kalian . . .

Selengkapnya

Kopi yang Mengubah Eropa

Jejak Tani 🕔Selasa, 22 September 2020 | 06:31

SEJAK Baba Budan, seorang jamaah haji asal Mysore, India, menyelundupkan tujuh biji bibit kopi dari Jazirah Arab ke kampungnya di India pada abad ke-15, penyebaran kopi ke seluruh dunia tinggal menunggu waktu. Benua . . .

Selengkapnya

Bisnis Penyu Tempo Dulu

Jejak Tani 🕔Senin, 14 September 2020 | 18:54

PENYU menjadi satu dari ribuan spesies hewan yang menghiasi wilayah laut Indonesia. Tetapi hewan yang mampu hidup puluhan tahun, bahkan konon ratusan tahun ini selalu menjadi target perburuan liar. Setiap tahun . . .

Selengkapnya

Ketika Gula Berjaya di Clappa-doa

Jejak Tani 🕔Sabtu, 12 September 2020 | 14:04

Aktivitas dagang yang dilakukan para pengusaha Tionghoa (journals.openedition.org)CATATAN perdagangan milik pemerintah Inggris untuk Hindia Timur menyisakan teka-teki tentang aktivitas jual-beli gula dan tebu para . . .

Selengkapnya

Rezim Kopi di Priangan

Jejak Tani 🕔Jumat, 11 September 2020 | 05:51

PARA petinggi Kongsi Dagang Hindia Timur (VOC) di Jawa tak pernah menyangka bibit tanaman baru dari India Selatan yang mereka tanam di kebun masing-masing pada pengujung abad ke-17 bakal memberikan dampak luar biasa. . . .

Selengkapnya

Hikayat Kopi di Tanah Jawa

Jejak Tani 🕔Senin, 07 September 2020 | 12:57

TAHUN 1656, Belanda berhasil mengusir orang-orang Portugis dari Ceylon (Srilanka). Di wilayah tersebut, mereka menemukan hektaran kebun kopi yang  terbengkalai. Rupanya lahan itu milik orang-orang Arab yang . . .

Selengkapnya

Sejarah Asinnya Garam

Jejak Tani 🕔Sabtu, 05 September 2020 | 12:04

Pembuatan garam di Madura tahun 1948. (Tropenmuseum/Wikimedia Commons).JANGAN sepelekan garam. Ia kelihatannya sepele tapi sejak dulu hampir tak pernah absen dari keseharian hidup manusia. Fungsi garam tidaklah . . .

Selengkapnya

Sejarah Asal Mula dan Jenis Tanaman Cabai

Jejak Tani 🕔Kamis, 03 September 2020 | 09:00

CABAI (Capsicum sp.) merupakan tanaman perdu dari famili terong-terongan (Solanaceae) yang dikenal sejak dulu sebagai bumbu masakan. Awalnya tanaman cabai merupakan tanaman liar di hutan-hutan. Beberapa referensi . . .

Selengkapnya

Ngeri-ngeri Sedap Terasi

Jejak Tani 🕔Rabu, 26 Agustus 2020 | 15:13

HENRY O. Forbes, naturalis Skotlandia, menjelajahi Nusantara antara 1878-1883. Suatu hari, pada Minggu pagi, dia terlambat bangun di pondokannya di daerah Genteng, Lebak (sekarang, Bojong Genteng, Cijaku, Lebak, . . .

Selengkapnya