+ Indeks Berita

Ekonomi

Swasembada beras tidak menjamin kesejahteraan petani

Ekonomi 🕔Rabu, 19 Desember 2018 | 11:08

JAKARTA. Empat tahun pemerintahan Joko Widodo berjalan, namun kedaulatan pangan masih jauh panggang dari api. Menurut koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP), hal ini terlihat dari masih banyaknya jumlah petani . . .

Selengkapnya

IFAD Salurkan Anggaran untuk Wirausaha Muda Pertanian Indonesia

Ekonomi 🕔Rabu, 19 Desember 2018 | 10:55

International Fund for Agricultural Development (IFAD), lembaga pendanaan internasional sector pertanian, sepakat salurkan anggaran untuk pembangunan dan pengembangan wirausaha muda pertanian Indonesia. Kesepakatan ini . . .

Selengkapnya

Penuhi Kebutuhan, Indonesia Masih Impor Singkong

Ekonomi 🕔Senin, 17 Desember 2018 | 11:50

Hingga kini, Indonesia tercatat masih melakukan impor singkong untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Walau begitu, pada tahun ini impor tersebut mengalami penurunan dibanding tahun-tahun sebelumnya.Ketua Komite Tetap . . .

Selengkapnya

Atasi Masalah Pangan Lewat Reformasi Agraria

Ekonomi 🕔Senin, 17 Desember 2018 | 10:22

JawaPos.com - Sektor pertanian masih perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah karena sektor ini yang terbanyak menyerap sektor tenaga kerja.  Petani sebagai produsen pangan belum sejahtera karena harga . . .

Selengkapnya

Luas lahan dan produksi singkong semakin menyusut

Ekonomi 🕔Kamis, 13 Desember 2018 | 10:57

JAKARTA. Luas lahan singkong dari tahun ke tahun semakin menyusut. Padahal, tingkat kebutuhan singkong semakin meningkat.Menurut data Kementerian Pertanian (Kemtan), luas lahan singkong di tahun 2015 mencapai 1,016 juta . . .

Selengkapnya

Produk Organik Indonesia Jajaki Pasar Inggris

Ekonomi 🕔Selasa, 11 Desember 2018 | 09:45

JAKARTA – KBRI London dengan menggandeng sembilan pengusaha Indonesia, yaitu Javara, Imyco, Asosiasi Industri Organik Indonesia, Ladang Lima, Petrasa, Mozass Healthy Laboratory, CV Harapan Bersama, Cookwell, dan PT . . .

Selengkapnya

Revolusi Industri 4.0, Pertanian Konsepnya Adalah Smart Farming

Ekonomi 🕔Selasa, 11 Desember 2018 | 09:35

Pertanian kita tidak lagi menggantungkan diri terhadap alam. Itu karena disebabkan pertanian bisa direkayasa menggunakan teknologi.Keterangan tersebut disampaikan rektor Universitas Trilogi, Prof Dr Ir Marsudi Wahyu . . .

Selengkapnya

Perihal Inpres serap karet dari petani, aosiasi pesimistis

Ekonomi 🕔Senin, 10 Desember 2018 | 11:27

JAKARTA. Harga karet rakyat terus mengalami penurunan. Padahal, Presiden sudah mengeluarkan instruksi agar semua pihak membeli karet rakyat untuk pembangunan aspal. Namun, asosiasi petani karet menilai arahan tersebut . . .

Selengkapnya

Petani gagap gunakan alat mesin pertanian hibah dari Kemtan

Ekonomi 🕔Senin, 10 Desember 2018 | 10:53

JAKARTA. Petani masih gagap memakai alat mesin pertanian (alsinta) dari Kementerian Pertanian (Kemtan). Tujuan pemerintah agar biaya operasional ringan, meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani masih jadi . . .

Selengkapnya

Pemerintah Diminta Fokus pada Produktivitas Lahan

Ekonomi 🕔Jumat, 07 Desember 2018 | 11:20

JAKARTA -- Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Arief Nugraha menilai, pemerintah perlu fokus pada peningkatan produktivitas lahan untuk mengatasi alih fungsi yang sudah banyak terjadi. Apabila . . .

Selengkapnya

PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau