+ Indeks Berita

Ekonomi

Ini Alasan Kedelai Impor Lebih Digemari Produsen Tempe

Ekonomi 🕔Rabu, 29 Agustus 2018 | 11:08

JAKARTA – Gabungan Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (Gakoptindo) menilai terdapat perbedaan signifikan antara kualitas produksi kedelai lokal dengan impor, terutama saat dijadikan bahan utama tahu dan . . .

Selengkapnya

Bioindustri Tingkatkan Efisiensi untuk Kemandirian Ekonomi Petani

Ekonomi 🕔Rabu, 29 Agustus 2018 | 10:00

Jakarta - Program bioindustri yang diusung oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah diimpelementasikan oleh semua Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) yang tersebar di 33 provinsi. . . .

Selengkapnya

Kementan kendalikan Lalat Buah Salak untuk Kebutuhan Ekspor

Ekonomi 🕔Selasa, 28 Agustus 2018 | 10:43

BANJARNEGARA - Salak merupakan komoditas asli Indonesia dan mempunyai prospek yang cukup baik untuk pasar lokal maupun luar negeri. Pada 2017, luas panen salak adalah 22.514 hektar dengan volume produksi 953.845 ton . . .

Selengkapnya

KKP kembangkan tepung spirulina skala rumah tangga

Ekonomi 🕔Selasa, 28 Agustus 2018 | 10:01

 JEPARA. Besarnya kebutuhan pakan dalam kegiatan budidaya ikan termasuk kebutuhan mikroalga sebagai pakan alami untuk benih ikan atau udang pada fase pembenihan, mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) . . .

Selengkapnya

Harga Gabah Harus Dijaga agar Tetap Menguntungkan Petani

Ekonomi 🕔Selasa, 28 Agustus 2018 | 09:54

Harga gabah kering panen (GKP) di sejumlah daerah penghasil beras mulai bergerak naik. Ketua Umum Asosiasi Bank Benih Tani Indonesia (AB2TI) Dwi Andreas Santosa mengatakan, kenaikan harga GKP cukup tajam terjadi sejak . . .

Selengkapnya

Memahami Berbagai Permasalahan Petani Indonesia

Ekonomi 🕔Senin, 27 Agustus 2018 | 10:17

Petani merupakan pelaku utama dalam pembangunan pertanian Indonesia. Petani memiliki peran penting untuk menghasilkan produk pertanian, baik untuk keperluan bahan pangan maupun industri. Namun demikian, berbagai . . .

Selengkapnya

Kementan Genjot Luas Tanam Buah Lengkeng

Ekonomi 🕔Senin, 27 Agustus 2018 | 10:02

JAKARTA — Kementerian Pertanian berencana menggenjot produksi lengkeng dengan meningkatkan luas tanam menjadi 1.500 hektare yang berisi 300.000 pohon.Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Suwandi . . .

Selengkapnya

Intensifikasi Pertanian I Tiap Tahun, Sekitar 100 Ribu Hektare Lahan Pertanian Beralih Fungsi Bioteknologi Dongkrak Produktivitas

Ekonomi 🕔Jumat, 24 Agustus 2018 | 10:13

Ekstensifikasi atau perluasan lahan tanam hampir tidak mungkin dilakukan di Indonesia saat ini untuk menggenjot produksi sehingga diperlukan upaya intensifikasi melalui bioteknologi.Jakarta – Pengelolaan sektor . . .

Selengkapnya

Asosiasi: Rencana pemerintah jual kayu karet untuk danai peremajaan tidak efektif

Ekonomi 🕔Jumat, 24 Agustus 2018 | 09:50

JAKARTA. Asosiasi Tani Karet Indonesia skeptis terhadap program peremajaan pohon karet yang tengah diagendakan pemerintah. Pasalnya, sumber pendanaan yang diagendakan tidak bisa dipastikan mampu mendukung program . . .

Selengkapnya

Antisipasi Kekeringan, Kementan Bentuk Tim Khusus

Ekonomi 🕔Jumat, 24 Agustus 2018 | 09:46

BELITUNG — Kementerian Pertanian membentuk tim khusus untuk mengatasi musim kemarau yang diprediksi mengalami puncaknya pada Agustus dan September 2018 untuk menjaga produksi padi nasional.Direktur Jenderal Prasarana . . .

Selengkapnya

PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau