+ Indeks Berita

Ekonomi

Guru Besar IPB: Anggaran pertanian yang besar menggiurkan untuk dikorupsi

Ekonomi 🕔Jumat, 26 April 2019 | 10:40

JAKARTA. Sejumlah pengamat menilai korupsi pada sektor pertanian disebabkan kurang baiknya tata kelola pemerintah dalam mengatur kebijakan sektor pertanian.Guru Besar Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas . . .

Selengkapnya

Presiden Terpilih Harus Pertahankan Regulasi Hutan untuk Rakyat

Ekonomi 🕔Kamis, 25 April 2019 | 11:10

JAKARTA - Yayasan Madani Berkelanjutan menilai siapapun Presiden dan Wakil Presiden ke-8 yang terpilih harus tetap konsisten meningkatkan akses hutan untuk masyarakat demi kuatnya perlindungan hutan dan mengangkat . . .

Selengkapnya

Pertanian Ramah Lingkungan di Jepang Pakai Bebek Sebagai Pembasmi Hama!

Ekonomi 🕔Rabu, 24 April 2019 | 10:01

Jakarta - Penggunaan pestisida dalam pertanian padi bisa digantikan bebek. Metode ramah lingkungan ini pertama kali diperkenalkan petani di Jepang.Tak bisa dipungkiri, pestisida ampuh menyingkirkan segala serangga dan . . .

Selengkapnya

Tetap Produktif di Musim Kemarau

Ekonomi 🕔Rabu, 24 April 2019 | 09:54

Musim hujan telah dipenghujung. Tidak lama lagi musim kemarau akan segera tiba. Seperti biasanya pada saat musim kemarau, air untuk irigasi selalu menjadi masalah utama.Para ilmuwan telah sejak lama mencoba mencari . . .

Selengkapnya

Petani Harus Menguasai Pasar Hulu dan Hilir

Ekonomi 🕔Senin, 22 April 2019 | 10:03

Generasi millenial pertanian harus bisa menguasai teknologi informasi.BOGOR — Kementerian Pertanian mengimbau para petani menguasai pasar dari hulu sampai ke hilir. Sehingga mereka dapat meningkatkan harga jual, . . .

Selengkapnya

10 Alasan untuk Mendukung Pertanian

Ekonomi 🕔Senin, 22 April 2019 | 09:57

JAKARTA — Pertanian di era digital semakin menarik.  Sektor ini digeluti banyak generasi muda yang berinovasi dalam pengolahan dan pemasaran produk pertanian, sehingga memiliki nilai tambah. Era sekarang . . .

Selengkapnya

Kurangi Penggundulan Hutan, TNC Indonesia Berdayakan Warga Desa

Ekonomi 🕔Selasa, 16 April 2019 | 10:50

Jakarta - The Nature Conservancy Indonesia (TNC Indonesia) mengajak masyarakat yang tinggal di dalam dan sekitar kawasan hutan untuk meningkatkan kemampuan dan kemandiran desa dalam melaksanakan rencana pembangunan dan . . .

Selengkapnya

Menuju “Green Economy” Pertanian

Ekonomi 🕔Senin, 15 April 2019 | 12:04

Indonesia sebagai negara agraris memiliki sumber daya hayati melimpah. Banyak yang tidak dimiliki negara lain. Back to agriculture dengan menggali potensi yang tidak dimiliki negara lain menjadi kekayaan yang unik dan . . .

Selengkapnya

Kementan Percepat Penyerapan Gabah dengan Cara Ini

Ekonomi 🕔Senin, 15 April 2019 | 11:58

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya mempercepat penyerapan gabah petani supaya pasokannya terjaga. Hal ini menjadi bahasan dalam rapat koordinasi serap gabah petani (Sergap) di Kantor Subdivre . . .

Selengkapnya

Digitalisasi Rantai Pasokan Beras Penting Diupayakan

Ekonomi 🕔Jumat, 12 April 2019 | 11:10

Jakarta — Data BPS (2019) merilis bahwa inflasi per Januari sebesar 2,82% (YoY). Walaupun lebih rendah jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2018, namun bahan pangan tetap menjadi kontributor utama . . .

Selengkapnya

PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau