+ Indeks Berita

Ekonomi

Gratiskan Warga Petik Cabai, Lahan akan Ditanami Lagi

Ekonomi 🕔Rabu, 13 Februari 2019 | 11:28

Sukirman, petani cabai asal Pilangsari, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah menjelaskan perihal dirinya menggratiskan warga sekitarnya untuk memetik sendiri cabai miliknya. Tanaman cabai tersebut seluas 1.000 meter . . .

Selengkapnya

Cara Budidaya Jagung Tanpa Olah Tanah

Ekonomi 🕔Rabu, 13 Februari 2019 | 11:10

Jagung merupakan salah satu tumbuhan yang mesti dibudidayakan dengan metode khusus, yakni tanpa olah tanah atau lebih dikenal dengan sebutan TOT. Cara ini dianggap praktis dan efisien sehingga dapat menghemat biaya, . . .

Selengkapnya

BRG Berdayakan Perempuan untuk Pertanian Gambut Ramah Lingkungan

Ekonomi 🕔Rabu, 13 Februari 2019 | 11:03

Kebakaran besar yang terjadi pada tahun 2015 di beberapa provinsi di Kalimantan, membuat Badan Restorasi Gambut (BRG) mulai mengadakan pendekatan ke beberapa tokoh petani di desa-desa kunci. Kaum perempuan diberdayakan . . .

Selengkapnya

Seleksi Pameran Kriya di AS Syaratkan Produk Ramah Alam

Ekonomi 🕔Selasa, 12 Februari 2019 | 10:50

Pendaftaran program IDentities untuk menyeleksi produk kriya lokal jelang NY Now berlangsung pada 9 - 25 Februari 2019.Badan Ekonomi Kreatif(Bekraf) kembali menggelar program IDentities untuk menyaring produk . . .

Selengkapnya

Standardisasi Produk Diperlukan di Sektor Hortikultura

Ekonomi 🕔Selasa, 12 Februari 2019 | 10:32

                 Peningkatan ekspor produk hortikultura dilakukan melalui sistem jaminan mutuJAKARTA -- Tuntutan mutu produk pangan dalam perdagangan dunia terus meningkat. . . .

Selengkapnya

Kerusakan Lahan Pertanian Ancam Kedaulatan Pangan

Ekonomi 🕔Selasa, 12 Februari 2019 | 10:28

Pemerintah Indonesia gagal mempertahankan Kedaulatan Pangan. Salah satu penyebabnya adalah kerusakan tanah pada area yang luas.Hal tersebut disampaikan Ketua Garda  PAS, Wibisono dalam keterangan tertulisnya, . . .

Selengkapnya

Peluang Ekspor Hortikultura ke Pasar AS dan Jepang Terbuka

Ekonomi 🕔Senin, 11 Februari 2019 | 10:49

Pasar hortikultura terbuka lebar di AS khususnya komoditas nanas, pisang, dan alpukatDENPASAR -- Peluang ekspor sayur dan buah masih sangat terbuka untuk mengisi pasar Amerika, Uni Eropa - Afrika, sampai ke wilayah Asia . . .

Selengkapnya

Evaluasi Revolusi Hijau dan masalah tanah pertanian yang makin tandus

Ekonomi 🕔Senin, 11 Februari 2019 | 10:31

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman pekan lalu menyatakan tata niaga pupuk untuk pertanian dipengaruhi oleh banyaknya mafia yang mengambil keuntungan, termasuk sindikasi pupuk palsu yang merugikan petani dan merusak . . .

Selengkapnya

Cuaca tak Menentu, Petani Diimbau Waspadai Hama Wereng

Ekonomi 🕔Jumat, 08 Februari 2019 | 14:56

              Wereng mudah hidup dan berkembang biak dalam kondisi kelembaban yang tinggi.INDRAMAYU – Para petani di Kabupaten Indramayu diimbau untuk mewaspadai serangan hama wereng . . .

Selengkapnya

Manfaatkan Pupuk Organik, Petani Diminta Bijak Pakai Pupuk Bersubsidi

Ekonomi 🕔Jumat, 08 Februari 2019 | 14:47

Direktorat Jenderal (Ddtjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian ( Kementan) meminta agar petani menggunakan pupuk subsidi dan organik secara berimbang. Apa sebabnya?Jadi, meski alokasi pupuk . . .

Selengkapnya

PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau