DORONG POTENSI DESA MENDUNIA

DORONG POTENSI DESA MENDUNIA

RMOL. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengingatkan pentingnya sinergi antar berbagai pihak dalam upaya  guna mengoptimalkan pembangunan sebuah kawasan.
 
Menurut Menteri Desa Eko Putro Sandjojo, selain pemerintah daerah, kalangan pengusaha dan kelompok atau organisasi masyarakat juga memiliki peran sangat penting dalam memajukan daerah.

"Peran kelompok masyarakat sangat penting, karena yang paling mengetahui kebutuhan adalah masyarakat dan kelompok masyarakat. Jadi, dari kelompok masyarakat seperti Hikmu, kami mendapat informasi dan dari informasi itu kita akan tahu fokusnya ke mana," jelasnya dalam pengesahan Pengurus Himpunan Ikatan Keluarga Maluku Utara (Hikmu ) periode 2017-2020 erta Pentas Seni Budaya Maluku di kantornya, Jakarta seperti diberitakan RMOL (Induk RMOLSumsel), Selasa (28/3).

Dalam kesempatan, tersebut, Eko menyampaikan apresiasi atas sinergi cukup baik antara kementeriannya dengan Pemprov Maluku Utara selama ini.

"Pemprov setempat sangat pro aktif mengembangkan pembangunan di wilayahnya. Hal itu terlihat dari beberapa kali expo untuk mengundang investor masuk ke Maluku Utara. Investor diperlukan karena pemerintah membangun ujung-ujungnya membutuhkan pasar. Nah, yang punya kemampuan akses besar ke pasar itu swasta," papar Eko.

Hal tersebut, lanjutnya, selaras dengan program Satu Desa Satu Produk Unggulan yang digaungkan Kementerian Desa. Di mana, masyarakat bisa terus fokus mengembangkan kualitas produk unggulan jika akses pasar dan distribusi telah terbuka.

"Model integrasi ini bisa mensejahterakan masyarakat. Dengan program One Village One Product, masyarakat diminta untuk fokus pada komoditi tertentu. Nah, pemerintah harus sediakan pasarnya, dalam hal ini pemerintah melibatkan swasta," pungkas Eko.[rik] 

sumber : rmolsumsel.com

  • Bagikan :
  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :