Belajar Menghargai Petani, Siswa Turun ke Sawah

Belajar Menghargai Petani, Siswa Turun ke Sawah

PURWOREJO, - Padi sebagai bahan makanan pokok masyarakat menajadi sebuah komoditas yang sangat berharga dan strategis. Barang ini dihasilkan dari perjuangan para petani yang dengan susah payah mengolah lahan sawah tanpa kenal cuaca.

Namun masih saja ada sebagian masyarakat yang tidak mau tahu akan perjuangan para petani. Padahal mereka merupakan penjuang pangan yang mesti dilestarikan keberadaannya.

Untuk menanamkan kecintaannya kepada dunia pertanian, para siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Krendetan Kecamatan Bagelan Kabupaten Purworejo digiring ke sawah, sekaligus belajar dengan petani secara langsung.

“Kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran luar kelas yang menyenangkan dan mencerdaskan. Dengan cara ini setiap siswa akan mengetahui secara langsung proses menanam padi yang dilakukan para petani dalam usaha menghasilkan padi bagi keluarga dan masyarakat,” kata guru pembimbing Khoirun Nisa, Kamis (23/11/2017).

Pembelajaran secara langsung ini dilakukan di area persawahan Dusun Kauman Barat desa setempat. Melalui kegiatan ini semua siswa terlihat bersemangat, semua siswa belajar menanam padi dengan metode tanam garis atau menanam padi pada garis yang telah di buat sebelumnya sekaligus didampingi petani.

“Sebelumnya para siswa diajari bagaimana mencabut benih padi yang siap tanam. Dari sini para siswa belajar tentang jenis akar tanaman padi,” jelas Indah Purnamaningrum SH selaku guru pendamping lainnya. (Nar) Siswa MIM Krendetan melakukan praktik menanam padi. 

krjogja 

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :