Akademisi Sarankan Daerah Promosikan Wisata via Teknologi Informasi

Akademisi Sarankan Daerah Promosikan Wisata via Teknologi Informasi

Purwokerto: Pemerintah daerah (pemda) perlu terus meningkatkan upaya promosi pariwisata dengan memanfaatkan teknologi informasi dan telekomunikasi. Hal itu menjadi penting guna meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan bisnis dengan harapan penjualan bisa meningkat.

"Manfaatkan teknologi informasi dalam pemasaran pariwisata, meskipun demikian promosi konvensional juga tetap harus dilakukan,"  kata Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman Bambang Widodo, seperti dikutip dari Antara, Senin, 20 November 2017.

Menurut dia, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat mendongkrak angka kunjungan wisata ke suatu daerah. "Peran media sosial misalnya, sangat penting dan efektif dalam mempromosikan pariwisata suatu daerah," ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada pemerintah daerah mengenai pentingnya memperhatikan beberapa unsur pariwisata. "Pertama, apa yang bisa dilihat oleh wisatawan, misalnya, sarana prasarana pendukung yang dapat menambah keindahan, kenyamanan, serta keamanan bagi wisatawan," tukasnya.

Kedua, kata dia, adalah apa yang bisa di kerjakan oleh wisatawan. "Misalnya, fasilitas olah raga yang disediakan oleh pengelola wisata. Jadi wisatawan bisa berolahraga, atau ada seni pertunjukan dan wisatawan bisa berbaur ikut menari atau bernyanyi," ungkapnya.

Ketiga, tambah dia, apa yang bisa dibeli oleh wisatawan. "Misalnya di objek wisata tersebut tersedia produk lokal, dan lain sebagainya yang dapat dibeli atau dinikmati oleh wisatawan," pungkasnya.

antaranews 

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :