Genjot Ekonomi Masyarakat, Muntok Bentuk Desa Wisata

Genjot Ekonomi Masyarakat, Muntok Bentuk Desa Wisata

MUNTOK --  Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan membentuk desa wisata guna menggenjot pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata.

"Tahun ini kami mempunyai program sosialisasi desa wisata untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar memiliki keinginan untuk membangun kepariwisataan berbasiskan potensi desa masing-masing," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Ichsan Saufani, di Muntok, Rabu.

Dalam sosialisasi tersebut, pihaknya akan mengundang kepala desa, tokoh masyarakat, dan pemuda agar memiliki kesamaan pandangan dalam membangun kepariwisataan berbasis desa wisata.

"Akan kami berikan contoh desa-desa wisata yang sudah ada, baik di Pulau Jawa dan satu yang ada di Belitung, kami berharap upaya tersebut mampu menggerakkan warga desa bisa berusaha dari hal-hal kecil yang dibutuhkan dalam membangun kepariwisataan daerah," katanya.

Dalam pembangunan desa wisata, kata dia, pemkab akan membantu desa yang benar-benar berpotensi untuk dibangun dan memenuhi beberapa persyaratan.

"Nanti akan dilakukan seleksi dan penilaian sesuai persyaratan, meliputi posisi geografis desa, potensi desa, dan prestasi desa," katanya.

Menurut Ichsan Saufani, pesta adat Rebo Kasan yang digelar pada Rabu ini, sudah dimasukkan dalam kalender kegiatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat sehingga daerah akan terus membantu masyarakat agar kegiatan bisa terus dilestarikan.

"Silakan masyarakat Desa Airnyatoh kembangkan potensi-potensi yang ada di desa agar pariwisata semakin berkembang dan jika memenuhi persyaratan, kami siap membantu untuk dimulai pembangunan desa wisata di desa tersebut," katanya.

antara

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :