Pemerintah Salurkan Kredit Ultra Mikro bagi Perempuan

Pemerintah Salurkan Kredit Ultra Mikro bagi Perempuan

Medan – Pemerintah sudah mulai menjalankan program pembiayaan ultra mikro atau UMI. Skema kredit itu dikhususkan untuk kaum ibu dengan pinjaman hingga 10 juta rupiah tanpa jaminan.

“Program yang dimulai Agustus lalu akan terus ditingkatkan dan Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan terus melakukan sosialisasi,” ujar Direktur Keuangan Umum dan Sistem Informasi Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Sochif Winarno di Medan, Sumatera Utara, Senin (6/11).

Sochif yang didampingi perwakilan Direktorat Sistem Manajemen Investasi Kemenkeu Hariyatmoko dan Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Sumut Ilyas S Sitorus,mengatakan program itu membantu usaha kecil perempuan yang tidak terakses ke bank akibat ketidakadaan jaminan. Dengan program itu diharapkan, 61 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia seluruhnya bisa mendapat bantuan modal.

Program itu dilakukan mengacu pada data bahwa dari sekitar 61 juta UMKM itu, yang dapat mengakse Kredit Usaha Rakyat (KUR) hanya sekitar 17 juta pengusaha. Sisanya belum dapat pinjaman karena tidak ada jaminan. Adapun program pinjaman untuk kaum ibu itu juga dengan perhitungan bahwa perempuan lebih bisa dipercaya, lebih teliti dan disiplin dalam pengelolaan keuangan termasuk pinjaman.

koran-jakarta.com 

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :