7 Agrobisnis yang Mudah dan Menguntungkan

7 Agrobisnis yang Mudah dan Menguntungkan

Jakarta - Agrobisnis tentu menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berbisnis mudah dan menguntungkan. Agrobisnis juga dapat dilakukan di rumah tanpa harus keluar rumah dan menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan. Berikut adalah 7 agrobisnis yang dapat Anda jadikan referensi untuk memulai usaha, sebagaimana dikutip dari Cekaja.com.

1. Reseller jual beli bibit secara online

Tanpa bibit, tanaman tidak akan tumbuh dengan baik. Kalimat tersebut menegaskan bahwa jual beli bibit tanaman adalah salah satu peluang usaha terbaru yang bisa kita lakukan.

Dengan adanya internet dan kemudahan mencari informasi di zaman sekarang, kita pun bisa dengan gampang mengenal jenis bibit tanaman yang baik untuk dikembangkan. Tentunya, juga mengenal jenis tanaman yang bisa dijual di pasaran serta banyak permintaan.

Ditambah lagi, saat ini banyak toko online yang memberikan kesempatan untuk menjadi reseller. Kita pun dapat membuka toko online untuk melakukan penjualan. Dengan begitu, usaha pemasaran bisa lebih mudah.

2. Mengembangkan sayuran hidroponik

Bercocok tanam dengan sistem organik atau dikenal dengan istilah hidroponik merupakan salah satu tren yang saat ini banyak dilakukan masyarakat kota.

Awalnya, hasil dari menanam sayur organik ini bertujuan untuk dikonsumsi sendiri. Namun, akhirnya dapat dimaksimalkan sebagai peluang usaha. Apalagi, permintaan akan sayuran organik atau tanaman hidroponik yang meningkat memicu banyak masyarakat mengelola tanaman hidroponik mereka sendiri.

Sederhananya, pengembangan tanaman hidroponik bisa dilakukan sendiri di pekarangan rumah. Selain itu, untuk memulai usaha ini juga tidak dibutuhkan modal hingga lahan yang besar.

3. Usaha obat dari bahan alami

Tentunya, kita sudah sangat mengenal banyaknya tanaman-tanaman tertentu yang dapat dijadikan sebagai obat. Apalagi, mengingat banyaknya permintaan obat-obat alami atau herbal yang cukup tinggi beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, usaha mengembangkan tanaman obat adalah pilihan berikutnya yang bisa kita coba.

Nah, beberapa jenis tanaman obat yang bisa kita kelola sendiri di antaranya adalah lidah buaya, temulawak, kunyit, sirih hingga jahe merah. Cukup mudah untuk menanam tanaman ini. Hanya dengan menanamnya di pekarangan rumah, dan kemudian dirawat dengan baik, tanaman obat ini pun akan tumbuh dengan baik.

4. Budi daya buah-buahan

Selain sayur-sayuran, budi daya buah-buahan adalah usaha lain yang bisa kita coba. Untuk memulai bisnis kita bisa membeli bibit tanaman yang harganya tidaklah terlalu mahal.

Beberapa contoh buah-buahan yang bisa dikembangkan di antaranya adalah jeruk manis, pisang, hingga buah naga. Bahkan, untuk beberapa buah-buahan juga bisa dilakukan secara hidroponik sehingga menghasilkah buah dengan kualitas organik.

Mengelola bisnis ini juga bisa dikatakan relatif mudah dan bisa dilakukan di rumah. Jika kita memiliki pekarangan atau halaman rumah dengan ukuran yang tidak terlalu besar, kita sudah bisa menyemai bibit buah dan kemudian dirawat dengan baik.

Jika bisa berbuah dengan baik, semua buah-buahan tadi tentunya bisa kita jual lagi untuk masyarakat yang ingin membeli.

5. Bisnis tanaman hias

Sudah sejak dahulu kala bisnis tanaman hias sudah memberikan keuntungan. Sebagai contoh, harga satu pohon bonsai tertentu saja bisa mencapai jutaan rupiah. Meskipun sempat mengalami penurunan permintaan, bukan berarti bisnis tanaman hias sudah tidak laku lagi untuk dikelola.

Dalam beberapa tahun yang akan datang, masyarakat akan memulai mencari tanaman hias untuk mempercantik rumahnya. Selain itu, para pegiat tanaman hias akan selalu tumbuh dan datang silih berganti untuk mengoleksi berbagai macam jenis tanaman.

Tentu saja, bisnis ini nantinya juga bisa kita kelola dari rumah. Jika dirawat dengan baik, setiap tanaman yang awalnya untuk mempercantik rumah sendiri ini bisa dijual lagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Bahkan, berbekal komunitas atau penggemar tanaman hias kita bisa memasarkan berbagai macam jenis tanaman bagi masyarakat yang membutuhkan.

6. Menyiapkan tanaman cangkok

Usaha berikutnya yang bisa kita kelola sendiri dari rumah adalah dengan membuat dan menjual cangkok tanaman yang dikembangkan dalam pot.

Sekilas mengelola bisnis ini terlihat mirip dengan mengembangkan buah secara hidroponik. Namun, kali hanya bermodal menanam dengan sistem cangkok saja. Bisnis ini juga tidak terlalu mengeluarkan modal yang besar. Bahkan, bisnis ini bisa kita kelola sendiri dari pekarangan rumah.

7. Usaha pembiakan bibit pohon

Selain jual beli bibit untuk tanaman atau buah-buahan, bisnis tanaman yang bisa kita kelola sendiri adalah pembiakan bibit untuk pohon.

Di Indonesia sendiri jenis bibit untuk pohon sangat banyak ragamnya. Untuk memulainya kita melihat dan mempelajari pohon apa saja yang dapat tumbuh di daerah sekitar kita.

Jika sudah berjalan dengan baik, bukan tidak mungkin bibit pohon ini akan sangat laku di pasaran. Hal ini di dasari hampir di setiap tempat seperti kota dan desa membutuhkan pohon-pohon untuk menyegarkan lingkungan tempat tinggal yang layak bagi masyarakat.

wartaekonomi.co.id

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :