Kulit Buah Naga Diolah Jadi Yoghurt, Seperti Apa Ya?

Kulit Buah Naga Diolah Jadi Yoghurt, Seperti Apa Ya?

Buah naga menjadi satu dari sekian banyak buah yang memiliki manfaat dan kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Bahkan, tak hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan, kulit buah naga pun juga dapat diolah menjadi makanan sehat seperti yoghurt.

Ternyata dalam kulit buah naga terkandung antosianin yang merupakan salah satu anti-oksidan ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol.

Temuan tersebut diciptakan oleh sekelompok Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mereka menciptakan inovasi untuk mengubah kulit buah naga menjadi yoghurt.

Ketua Tim Mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY, Meta Luwitasari, menuturkan kulit buah naga masih belum banyak dimanfaatkan oleh orang. Limbahnya mudah dijumpai di banyak tempat.

Adapun proses pembuatan yoghurt dari kulit buah naga dimulai dari pembersihan kulit buah naga dari kotoran, kemudian dihaluskan menggunakan blender. Setelah itu, 500 gram kulit buah naga yang sudah halus dicampur dengan 500 mililiter air mineral dan disaring untuk mendapatkan sarinya. Selanjutnya, sari tersebut dimasak dengan susu dan 250 gram gula pasir dengan api kecil dan diaduk terus supaya tidak mengumpal.

Setelah mendidih, adonan diangkat selanjutnya dicampur dengan 27 gram susu bubuk dan didiamkan sampai dingin dan kemudian ditambah satu sendok makan yoghurt tanpa rasa sebagai bibit. Adonan kemudian diinkubasi selama 24 jam. Dan, setelah proses inkubasi selesai, yoghurt dipindahkan ke dalam kulkas untuk pengawetan.

pertanianku.com

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :