Melihat Peluang Bisnis Peternakan Potensial, UGM Gelar Kuliah Gratis untuk Petani

Melihat Peluang Bisnis Peternakan Potensial, UGM Gelar Kuliah Gratis untuk Petani

Jakarta - Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada (UGM) mengadakan Kuliah Gratis bagi para Petani, Peternak, dan Profesional di bidangnya. Kuliah gratis tersebut bertujuan untuk membantu para petani dalam mengembangkan sektor pertanian.

Kuliah gratis bertema Bagimu Petani Kami Mengabdi tersebut merupakan wadah transfer ilmu teknologi dan forum bagi para petani untuk mengembangkan jaringan. Hal tersebut diungkapkan oleh Dekan Fakultas Peternakan (Fapet) UGM, Ali Agus ketika membuka acara kuliah gratis, Sabtu (16/9/2017), di kampus Fapet UGM.

"Sekitar 50% masyarakat Indonesia adalah petani. Untuk itu, petani lebih baik jika dekat dengan sumber ilmu, yaitu Fapet UGM. Dengan berkuliah di Fapet UGM, peternak akan mendapatkan ilmu dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Tanpa ilmu pengetahuan, usaha yang dijalankan oleh peternak tidak akan berkembang,” ujar Ali sebagaimana dikutip dalam website UGM.

Menurut Ali, peluang bisnis pada sektor peternakan sangatlah besar. Hal ini seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkag. Sehingga kualitas makanan yang dikonsumsi juga meningkat. Hal ini juga telah dikembangkan oleh Fapet, misalnya dalam bentuk ayam kampus (ayam kampung sudah persilangan), sapi Gama Blue, yogurt susu, dsb.

Adapun yang menjadi sasaran dalam program kuliah gratis tersebut yaitu Petani, Peternak, dan Profesional di bidangnya dengan kuota minimal 20 peserta dan maksimal 50 peserta per batch. Dalam kuliah gratis tersebut terdapat 10 materi perkuliahan yang ditawarkan setiap pekannya, yaitu, Sapi Potong, Sapi Perah, Unggas Petelur, Unggas Potong, Ransum Ternak Berkualitas, Penyembelihan Halal & Butchering, Kambing dan Domba Potong, Kambing dan Domba Perah, Integrated Farming, serta Diversifikasi Hijauan Pakan.

Kuliah gratis ini diselenggarakan di Fakultas Peternakan UGM, Jogjakarta dengan kelas selama 5 pekan setiap sabtu dengan rincian 2 jam materi, 2 jam kunjungan lapangan. Sementara fasilitas yang bisa dinikmati para petani dalam kuliah gratis tersebut meliputi Ruang Kelas, Laboratorium, Pilot Plant.
Peserta tdak dikenakan biaya perkuliahan atau gratis, namun untuk biaya akomodasi transportasi menuju FAPET UGM ditanggung oleh peserta.

wartaekonomi.co.id

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :