BUMDes Solusi Membangun Ekonomi Desa

  • Kategori UKM Desa --
  • Kamis, 10 Agustus 2017 11:43
BUMDes Solusi Membangun Ekonomi Desa

BONDOWOSO, - Amanah Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa akan menjadi lampu penerang terhadap pembangunan ekonomi dan pembangunan desa.

PDTT Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2017 tentang penerapan Prioritas Pembangunan Dana Desa Tahun 2017, sebagaimana tertulis pada pasal 4 ayat (3) program dan kegiatan terutama kegiatan BUMDes, embung, produk unggulan desa atau kawasan perdesaan dan sarana olahraga desa. 

Selain itu, salah satunya yang selalu disampaikan oleh Menteri Desa adalah lahirnya lembaga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di daerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa dan dapat menekan angka kemiskinan.

Koodinator Pendamping Ahli (PA) Bondowoso Andiono Putra Menjelaskan, bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan Perusahaan Desa dalam menyukseskan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD).

"BUMDesa ini tentu solusi dalam membangunan ekonomi masyarakat, karena sendi ekonomi ada di Desa dan dapat dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah dimusyawarahkan, dibentuk, dikelola secara professional," ujar Andiono Putra usai acara urun rembuk Forum Jaringan BUMDesa se Kecamatan Jambesari Darus Sholah Bondowoso (10/08/2017).

Sebab, kata mantan aktivis PMII itu, prospek yang dapat diandalkan berdasarkan potensi desa dalam mengembangkan kegiatan ekonomi pedesaan dengan pemberdayaan dan memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Desa ini memiliki banyak potensi, seperti dibondowoso ini ada potensi desa wisata, pertanian, perkebunan, wisata alam, serta produk unggulan lainnya," imbuhnya.

Andiono, menambahkan keuntungan positif dengan adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah menciptakan lapangan kerja, peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD), membantu masyarakat miskin dan pembangunan asset desa, secara tidak langsung hasil dari BUMDes dapat membangun Desanya sendiri.

"Dana Desa (DD) yang jumlahnya tidak sedikit di setiap desa, haruslah dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pembangunan dan pemberdayaan, serta peningkatan ekonomi masyarakat," pungkasnya.

 Portalindonesia.co.id

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :