Peneliti UGM : Desa Belum Siap Kelola Bumdes

  • Kategori UKM Desa --
  • Rabu, 13 September 2017 14:22
Peneliti UGM : Desa Belum Siap Kelola Bumdes

Yogyakarta,GATRAnews - Peneliti Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan Universitas Gadjah Mada (PSEK UGM) DI Yogyakarta menyatakan kebijakan peningkatan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) masih terkendala karena desa belum siap.

“Dalam kajian kami, hampir seluruh desa di Indonesia terkendala dalam pembentukan BUMDes yang dalam lima tahun terakhir digagas pemerintah pusat. Kemampuan SDM merupakan kendala utama,” kata peneliti PSEK UGM Puthut Indroyono, di University Center UGM, Selasa (12/9).

Karena kualitas sumber daya manusia tidak merata, desa-desa tidak mampu memberdayakan masyarakat untuk menampilkan potensinya. Alhasil peluang pasar tidak bisa dimanfaatkan secara optimal.

Puthut mengambil contoh di kawasan Papua Barat. Dari penelusuran PSEK UGM, banyak BuMDes di sana yang menjadi proyek percontohan justru berkembang lambat. Padahal potensi desa, terutama potensi alam, bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk memajukan masyarakat.

Untuk DI Yogyakarta, Puthut menilai meski sudah berkembang di hampir seluruh desa, keberadaan BUMDes lebih banyak hanya sebagai showroom.

“Ibaratnya, kantor BUMDes hanya sebagai ajang pameran dan hanya menunggu pembeli. Seharusnya BUMDes ini menjadi perantara produk-produk desa dengan dunia luar,” lanjutnya.

Puthut mengatakan perkembangan BUMDes dalam meningkatkan perekonomian desa tak lepas dari pemda. Ia mencontohkan Kabupaten Tabanan, Bali.

Menurut Puthut, desa-desa di Tabanan telah disulap menjadi desa wisata kelas dunia baik dari sisi pemandangan alam maupun kebudayaannya. 

PSEK UGM menilai capaian itu tak lepas dari peran kepala daerah. Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dinilai mampu mensinergikan ekonomi rakyat dengan industri pariwisata. Warga diberi akses berpartisipasi untuk meningkatkan daya saing tujuan wisata setempat.

Untuk membagi pengalamannya, termasuk dalam mengembangkan BUMDes di Tabanan, PSEK UGM merilis biografi Bupati Tabanan Eka Wiryastuti  yang berjudul "Investasi Hati" yang ditulis Aprilia Hariani.

gatra.com

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :