+ Indeks Galeri

Galeri Foto

5 Rempah Termahal di Dunia, Ada yang Rp 140 Juta per Kg!

  • Menyebut rempah mahal, banyak orang langsung teringat saffron. Rempah dari bunga ini harganya bisa mencapai USD 10.000 atau Rp 140 juta per kg. Harga ini kabarnya untuk menebus kesulitan mendapatkan saffron yang masa panennya singkat.

Untuk memproduksi 500 gram saffron ternyata diperlukan 70.000 bunga. Nah, tiap bunga itu dikumpulkan dengan hati-hati, hanya menggunakan tangan lalu dikeringkan. Saffron sendiri banyak dipakai dalam hidangan Timur Tengah untuk memunculkan aroma unik dan warna kuning cantik.

Selain untuk masakan, saffron diolah menjadi bahan wewangian parfum dan pewarna pakaian. Iran menjadi negara terbesar penghasil saffron dengan suplai 95% kebutuhan saffron dunia. (detik)

    Menyebut rempah mahal, banyak orang langsung teringat saffron. Rempah dari bunga ini harganya bisa mencapai USD 10.000 atau Rp 140 juta per kg. Harga ini kabarnya untuk menebus kesulitan mendapatkan saffron yang masa panennya singkat. Untuk memproduksi 500 gram saffron ternyata diperlukan 70.000 bunga. Nah, tiap bunga itu dikumpulkan dengan hati-hati, hanya menggunakan tangan lalu dikeringkan. Saffron sendiri banyak dipakai dalam hidangan Timur Tengah untuk memunculkan aroma unik dan warna kuning cantik. Selain untuk masakan, saffron diolah menjadi bahan wewangian parfum dan pewarna pakaian. Iran menjadi negara terbesar penghasil saffron dengan suplai 95% kebutuhan saffron dunia. (detik)

  • Vanilla berasal dari tanaman vanili yang kerap dipakai dalam pembuatan kue hingga es krim. Aroma dan rasa vanilla yang unik membuat rempah ini selalu jadi buruan. Sayangnya kini pasokan vanilla tengah menurun karena kerusakan lahan di Madagaskar akibat badai.

Seperti diketahui, Madagaskar merupakan produsen vanilla terbesar di dunia. Diikuti Meksiko dan Tahiti, hanya saja kualitasnya tidak sama. Kini harga vanilla berkisar USD 600 hingga 700 atau sekitar Rp 8,4 sampai 9,8 juta per kg. (detik)

    Vanilla berasal dari tanaman vanili yang kerap dipakai dalam pembuatan kue hingga es krim. Aroma dan rasa vanilla yang unik membuat rempah ini selalu jadi buruan. Sayangnya kini pasokan vanilla tengah menurun karena kerusakan lahan di Madagaskar akibat badai. Seperti diketahui, Madagaskar merupakan produsen vanilla terbesar di dunia. Diikuti Meksiko dan Tahiti, hanya saja kualitasnya tidak sama. Kini harga vanilla berkisar USD 600 hingga 700 atau sekitar Rp 8,4 sampai 9,8 juta per kg. (detik)

  • Bernama mahlab, mahalab, atau mahleb, rempah ini berasal dari biji-biji ceri St. Lucie yang sangat langka. Jenis pohon ceri ini hanya tumbuh di Eropa Selatan, Mediterania, dan Timur Tengah.

Awalnya mahlab dipakai untuk membuat parfum, tapi lambat laun rempah ini juga dipakai dalam masakan. Kabarnya cita rasa mahlab merupakan kombinasi antara ceri dan almond. Harganya bisa mencapai USD 68 (Rp 957 ribu) per 0.45 kg. (detik)

    Bernama mahlab, mahalab, atau mahleb, rempah ini berasal dari biji-biji ceri St. Lucie yang sangat langka. Jenis pohon ceri ini hanya tumbuh di Eropa Selatan, Mediterania, dan Timur Tengah. Awalnya mahlab dipakai untuk membuat parfum, tapi lambat laun rempah ini juga dipakai dalam masakan. Kabarnya cita rasa mahlab merupakan kombinasi antara ceri dan almond. Harganya bisa mencapai USD 68 (Rp 957 ribu) per 0.45 kg. (detik)

  • Long pepper banyak dipakai bangsa Yunani dan Romawi sejak zaman dahulu. Kini rempah berwarna hitam ini juga dipakai di beberapa hidangan Eropa. Long pepper juga mudah ditemui di India, Pakistan, dan Nepal dengan nama lain pippali.

Soal karakter, rasa long pepper mirip lada hitam hanya saja hentakan pedasnya lebih kuat. Long pepper kabarnya sulit dicari sehingga harganya relatif mahal yaitu USD 45 (Rp 633 ribu) per 0.45 kg. (detik)

    Long pepper banyak dipakai bangsa Yunani dan Romawi sejak zaman dahulu. Kini rempah berwarna hitam ini juga dipakai di beberapa hidangan Eropa. Long pepper juga mudah ditemui di India, Pakistan, dan Nepal dengan nama lain pippali. Soal karakter, rasa long pepper mirip lada hitam hanya saja hentakan pedasnya lebih kuat. Long pepper kabarnya sulit dicari sehingga harganya relatif mahal yaitu USD 45 (Rp 633 ribu) per 0.45 kg. (detik)

  • Masih berwarna hitam, ada black cumin atau jintan hitam yang harganya juga mahal yaitu USD 38 (Rp 534 ribu) per 0.45 kg. Rempah ini umum dipakai di Mesir, Iran, dan India Utara untuk masak.

Dibanding jintan biasa, jintan hitam lebih ramping, kecil dan berwarna gelap. Rasanya pun lebih kuat. Saat ini jintan hitam banyak diproduksi di Mesir, Iran, India, dan Maro. (detik)

    Masih berwarna hitam, ada black cumin atau jintan hitam yang harganya juga mahal yaitu USD 38 (Rp 534 ribu) per 0.45 kg. Rempah ini umum dipakai di Mesir, Iran, dan India Utara untuk masak. Dibanding jintan biasa, jintan hitam lebih ramping, kecil dan berwarna gelap. Rasanya pun lebih kuat. Saat ini jintan hitam banyak diproduksi di Mesir, Iran, India, dan Maro. (detik)