Mebel dalam negeri harus berjaya di tanah sendiri

  • Kategori Ekonomi --
  • Jumat, 16 Juni 2017 13:07
Mebel dalam negeri harus berjaya di tanah sendiri

Jawa Tengah - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pelaku usaha industri mebel dan kerajinan di wilayah Solo Raya yang berorientasi ekspor untuk menguasai pasar dalam negeri. Salah satu caranya dengan membangun rumah promosi di pusat perbelanjaan.

Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (Ditjen IKM) Pangan, Barang dari Kayu, dan Furnitur Kemenperin, Sudarto mengatakan, launching rumah promosi Koperasi Industri Mebel dan Kerajinan Solo Raya (Kimkas) di The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha di bawah Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki).

"Kemenperin mendukung segala aspek bahwa industri mebel dan kerajinan harus diamankan kebutuhan bahan bakunya serta memperoleh kemudahan. Upayanya ada pendirian Material Center baik bahan baku kayu, rotan, hingga mungkin bambu. Nah, Kimkas ini merupakan wadah bisnis Himki Solo Raya sebagai rumah promosi, terutama yang berorientasi pasar ekspor maupun dalam negeri," kata dia, Kamis (15/6).

Hal senada juga ditegaskan Ditjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih. Diharapkan berdirinya rumah promosi Kimkas di pusat perbelanjaan itu mampu meningkatkan pasar dalam negeri. Pasalnya, prosentase pasar industri mebel dan kerajinan asal Indonesia di dalam negeri mencapai 70 persen, sedangkan ekspor 30 persen.

"Itu masih kurang. Kita mau dorong pasar ekspor, tapi produk dalam negeri malah enggak kepakai ya gimana. Nanti saya akan minta kantor-kantor pemerintahan, kantor perbankan, kalau bisa seluruh BUMN agar menggunakan furnitur produksi dalam negeri. Karena kalau bukan kita yang beli, siapa yang mau," tegasnya.

Ditambahkan Gati, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah juga menawarkan dua aset milik Pemprov yang berada di Kota Solo untuk dimanfaatkan sebagai rumah promosi lainnya. Kedua aset itu berada di bekas gedung kantor Bakorwil di Jalan Slamet Riyadi kawasan Gladag dan di kawasan Banjarsari.

"Kepala Dinas (Disperindag) Jateng tadi akan menyediakan dua tempat agar masyarakat tahu, ini loh ada produksi Indonesia yang berkualitas ekspor. Ini (showroom) harus dibuka seluas-luasnya agar masyarakat dalam negeri semakin tahu," tambahnya di sela-sela peluncuran Rumah Promosi Kimkas.

merdeka.com

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :