Pengelolaan Pertanian Harus Utamakan Aspek Lingkungan

Pengelolaan Pertanian Harus Utamakan Aspek Lingkungan

Palembang - Pengelolaan pertanian yang berwawasan lingkungan mesti dilakukan melalui pemanfaatan sumberdaya alam secara optimal, lestari dan menguntungkan untuk dimanfaatkan secara berkelanjutan demi kelangsungan generasi.

"Kita sudah harus menerapkan pertanian berkelanjutan di sumsel yang mampu memadukan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan," kata Dirut Patani, Sarjan Tahir, Jum'at (19/5).

"Untuk mampu melakukan tranformasi menuju green economy agar tidak tersisih dan tertinggal yang dapat meningkatkan kemiskinan dan kesenjangan," kata Sarjan lagi. 

Dikatakan politisi partai Demokrat ini menjelaskan, salah satu penyebab yang menonjol selama ini adalah adanya ego sektoral yang menyebabkan pelaksanaan menjadi tersekat. Seharusnya, kata Sarjan, pembangunan harus merupakan program terpadu lintas sektor dan multi disiplin. "Bukan sektoral sehingga berkeadilan dan merata," ungkapnya. 

Untuk itu kedepan, sambungnya, pembangunan yang hanya menekankan tujuan kemajuan ekonomi semata sudah harus ditinggalkan. "Jika tanpa menekankan aspek lingkungan dan peduli pada masalah sosial dan keadilan, " tegasnya. 

Sementara itu, Kanwil Patani Sumsel menterjemahkan maksud tersebut dengan kegiatan-kegiatan nyata di tengah masyarakat berupa pengawalan usaha-usaha produktif di desa dan mediasi komoditi hasil petani di sentra produksi. "Tujuannya, agar bisa kompetitif dan mudah akses ke pasar," tutup Kanwil Patani, Ir Hj Misliha. (Dul)

detiksumsel

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :