Menteri Eko: Pedesaan Bukan Miskin Finansial, Tapi Miskin Pendidikan

  • Kategori Desa --
  • Kamis, 8 Februari 2018 10:47
Menteri Eko: Pedesaan Bukan Miskin Finansial, Tapi Miskin Pendidikan

Menteri Desa, Eko Putro Sanjoyo ungkapkan kesulitan dalam membangun dan mengembangkan desa di seluruh tanah air.  "Banyak desa kita ini bukan miskin secara finansial tetapi miskin pendidikan dan infrastruktur," ujar Eko saat diskusi bertema "Dialog Pers: Upaya Percepatan Pembangunan Daerah Melalui Dana Desa di Hotel Kyriad Bumi Minang, Kota Padang, Rabu (7/2).

Eko menyebut kesulitan tersebut bukanlan halangan untuk berusaha. Terlebih, Presiden Joko Widodo selalu gigih dalam membangun pedesaan untuk membesarkan dan menguatkan NKRI.

"Program Presiden Joko Widodo adalah membangun Indonesia dari pinggiran melalui alokasi anggaran dana desa yang menjadi pertama kali di Indonesia, APBN dialokasikan dana lebih besar untuk desa," jelasnya.

Ia pun secara terbuka menyaatakan bahwa tidak semua aparat desa memiliki kapasitas yang memadai dalama tata kelola keuangan. Tetapi, Kementerian Desa bertanggungjawab dalam membimbing dan mendampingi aparat desa sehingga memiliki kapasitas mengelola anggaran dalam pembangunan desa.

"Kalau boleh jujur memang sebetulnya banyak aparat desa itu tidak siap, banyak aprat desa itu tamatan SD dan fasilitas tidak secanggih kabupaten. Tetapi kalau itu tidak dimulai maka mereka tidak akan memulai dan selamanya tidak akan siap, begitu dikatakan Presiden," demikian Eko. [san]

rmol

  • Bagikan :



  • Tambah Komentar :
    Komentar Anda :