Meningkatkan Ekonomi Desa Lewat Dunia Brondband

Ekonomi | DiLihat : 237 | Rabu, 2 Agustus 2017 14:47
Meningkatkan Ekonomi Desa Lewat Dunia Brondband

Persaingan dunia industri pada era digital sekarang ini sangatlah padat, sapa yang tak mengikuti nya akan terlindas dengan sendirinya. Ini juga yang terjadi pada industri di pedesaan, mereka melakukan kegiatan ekonomi dan menjual hasilnya secara online.

Kementerian Komunikasi dan informatika (KOMINFO) jelas tengah membuat progam Desa Broadband yang dimulai sejak tahun 2015 lalu, dan sekarang ini telah banyak desa yang sudah meraskan hasilnya. Jelas ini telah menjadi langkah baik bagi Kementerian yang terkait seperti KEMENDESA.

Eko Putro Sandjojo selaku Menteri Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi, mengatakan “bahwa ada 80 Kabupaten dari 122 Kabupaten diseluruh Indonesia ditetapkan sebagai daerah tertinggal, ini menjadi tantangan bagi Kementerian yang terkait untuk bisa meningkatkan potensi desa dengan cara pemanfaatan teknologi yang ada pada era digital.”

Ada empat program yang diusung oleh KEMENDESA untuk meningkatkan potensi desa antar lain: produk Unggulan Kawasan Perdesaan (prukades), Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Embung dan Sarana olahraga desa.

BUMDES merupakan wadah bagi para pelaku industri di desa untuk bisa mengembangkan hasil industrinya dan secara mudah dipasarkan kewilayah luar.

Segala produk prukades telah dikembangkan dengan teknologi, dan dilakukan inovasi untuk memberikan Kualitas produk yang terbaru.

“Langkah ini tak terlepas lepas dari progran yang dibuat oleh KOMINFO dengan program Desa Broadband, segala sesuatu dilakukan dengan dunia internet, sehingga bisa menghasilkan produk yang optimal”, jelasnya saat pembukaan Expo Prukades 2017 di Jakarta (28/7).

Melalui ajang Prukades 2017 sudah pasti bisa meningkatkan nilai ekomoni desa, membuka lapangan kerja, dan mengurangi angka kriminal di desa.

neton.id