Ketua TP PKK Melati Erzaldi Kenalkan Kuliner Babel di Pekan Sagu Nusantara 2020

Inovasi Desa | DiLihat : 121 | Selasa, 20 Oktober 2020 | 19:36
Ketua TP PKK Melati Erzaldi Kenalkan Kuliner Babel di Pekan Sagu Nusantara 2020

KENANGA - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi memaparkan produk unggulan Bangka Belitung berbahan sagu kepada para peserta Kegiatan Pekan Sagu Nusantara Tahun 2020, melalui video conference dari lokasi Pabrik Tepung Tapioka dan Sagu, PT Bangka Asindo Agri, Kenanga, Kabupaten Bangka, Selasa (20/10/20).

Kegiatan itu dilakukan Ketua TP PKK Babel, dalam rangka ikut berpartisipasi dan memeriahkan "Pekan Sagu Nusantara" tahun 2020 yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Pada kesempatan itu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diberikan kesempatan untuk memaparkan produk berbahan sagu.

Dalam paparan Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi disampaikan bahwa, Bangka Belitung telah sejak dahulu memiliki kuliner tradisional berbahan sagu di antaranya getas, kue rintak, kue talam, lepat, kue lapis, bahkan laksa, empek-empek, dan tekwan juga berbahan sagu.

Dijelaskannya juga bahwa, PT Bangka Asindo Agri saat ini juga mengembangkan olahan makanan berbahan dasar sagu untuk dijadikan mi instan bermerk Mie Sagoo, tepung, dan olahan makanan lainnya.

Ketua TP PKK Melati Erzaldi merasa bangga karena, sagu yang oleh daerah lain hanya dijadikan sebagai bahan makanan pokok saja bisa dibuat berbagai macam produk makanan. Sagu yang mengandung gluten free, serat, dan indeks glikemik yang rendah diyakini dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

"Banyak masyarakat yang awam terhadap sagu. Sebenarnya banyak makanan yang saat ini dimakan terbuat dari sagu. Ini harus kita sosialisasikan agar dapat merubah mindset seseorang untuk menjadikan sagu sebagai alternatif makanan," ungkap Ketua TP PKK Babel.

Pihaknya juga senang sekali bisa ikut berpartisipasi di ajang Pekan Sagu Nusantara 2020, dan berharap kuliner Bangka Belitung dapat dikenal masyarakat luas.

Manager Produksi PT Bangka Asindo Asri, Tomi menjelaskan pihaknya dalam mengembangkan olahan makanan berbahan dasar sagu berharap produk ini dapat diterima oleh masyarakat. Selain lebih sehat, cita rasanya juga tidak kalah dengan makanan lainnya.

Pemaparan Ketua TP PKK Babel, dimoderatori oleh Arrayyan Firdaus dari Forum Kreatif Babel, dan diikuti Kepala Bulog Babel, Perwakilan Pemkab Bangka, dan Disperindag Babel.

Sebelumnya Bangka Belitung juga ikut berpartisipasi dalam upaya pencetakan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) Makan Sagu Serentak di lokasi terbanyak yaitu di 14 provinsi di Indonesia dalam ajang yang sama.