Seratusan Toko Online Jateng Pamerkan Produk di UKM Virtual Expo

Kabar Desa | DiLihat : 78 | Selasa, 20 Oktober 2020 | 19:13
Seratusan Toko Online Jateng Pamerkan Produk di UKM Virtual Expo

SEMARANG – Sebanyak 104 toko online telah memajang produknya dalam pameran produk UMKM secara virtual bertajuk UKM Virtual Expo. Acara yang dihelat Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Provinsi Jawa Tengah akan berlangsung pada 25–27 Oktober 2020.

Meski penyelenggaraannya tinggal menghitung hari, namun masyarakat sudah bisa melihat produk UMKM pada hari ini, melalui laman www.ukmvirtualexpo.com. Masyarakat pun sudah bisa melihat dan membeli produk yang dipamerkan.

Terpantau di laman tersebut, Selasa (20/10/2020) pukul 15.00 WIB, ada empat kategori produk UMKM yang bisa dilihat. Antara lain kategori batik, fesyen dan kecantikan, kategori makanan dan minuman, kategori produk tas, sepatu, dan kerajinan kulit. Terakhir adalah kategori furnitur dan dekorasi rumah. Masing-masing toko online itu tertera nama toko, foto produk, nama pemilik, hingga nomor telepon pemilik

Untuk kategori batik, fesyen dan kecantikan, di dalamnya terdapat 40 toko online yang memajang produknya. Selanjutnya ada kategori makanan dan minuman, yang di dalamnya terdapat 46 toko online, seperti produk madu, abon, sate, kopi, dan lainnya. Kategori produk tas, sepatu, dan kerajinan kulit terdapat enam toko online. Kategori furnitur dan dekorasi rumah terdapat 12 toko online yang memamerkan produknya. Total dari empat kategori di UKM Virtual Expo itu 104 toko online.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Ema Rachmawati menjelaskan, pada hari ini masyarakat sudah bisa melihat produk dan membelinya.

“Sudah, lihat aja di link itu (www.ukmvirtualexpo.com),” katanya, dihubungi melalui telepon, Selasa (20/10/2020).

Ema menambahkan untuk UKM yang mengikuti UKM Virtual Expo ini mendapatkan fasilitas kepesertaan UVO yang tidak dipungut biaya. Selain itu juga, mereka akan berkesempatan produknya dilihat oleh konsumen di seluruh dunia, bahkan produknya berkesempatan dijual langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Hj Nawal Nur Taj Yasin, istri Wakil Gubernur Jateng.

Sedangkan masyarakat yang mengikuti UKM Virtual Expo ini akan mendapat keuntungan bebas ongkos kirim (ongkir) selama event berlangsung.

“Free ongkir selama event berlangsung, bekerja sama dengan QPosin-aja, dan pemberian doorprize kepada viewer,” imbuh Ema.

Dia menuturkan untuk pelaksanaan UKM Virtual Expo, target yang ingin diraih adalah mendorong laju ekonomi UKM Jawa Tengah, meraih target pasar seluas-luasnya melalui pemanfaatan teknologi dan digital.

“Mengeluarkan UKM dari zona nyaman berjualan secara konvensional, dan menjadi terbiasa dengan pasar online,” terang Ema.

Kepala Bidang Pemasaran Dinkop UKM Jateng, Julie Emmy Lia, menambahkan untuk warga mulai sekarang sudah bisa berkunjung dan membeli.

“Warga yang berniat membeli bisa langsung menghubungi nomor WA yang tertera di toko online www.ukmvirtualexpo.com,” ujarnya.

Adapun jumlah 104 toko online yang sudah memamerkan produknya tersebut, saat ini sudah tidak bisa ditambah. “Kalau untuk sesi I ini sudah fix,” tegasnya.

Penyelenggara juga menyediakan doorprize untuk para viewer yang beruntung. Antara lain tujuh unit sepeda, satu unit sepeda motor, tiga unit televisi, dan dua unit kipas angin.