Gubernur Sumsel dan Medco Agro Group Bahas Rencana Pembangunan Bank Gabah

Poros Tani | DiLihat : 77 | Selasa, 06 Oktober 2020 | 17:09
Gubernur Sumsel dan Medco Agro Group Bahas Rencana Pembangunan Bank Gabah

PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) menerima audiensi dari PT. Medco Agro Group dalam rangka silahturahmi, di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Selasa (6/10/2020).Pertemuan ini juga membahas tentang rencana Pembangunan Bank Gabah di Provinsi Sumsel guna meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya petani yang ada di wilayah Sumsel.

Ketua Umum Pengusaha Penggilingan Padi Indonesia (Perpadi), Ir. Soetarto Alimoeso, pada kesempatan itu menyampaikan kenapa menurutnya perlu dibangun Bank Gabah dikarenakan selain untuk memberdayakan dan memberikan kesejahteraan bagi pengusaha penggiling padi skala kecil dan petani padi. juga dapat meningkatkan hasil pertanian di Sumsel.

"Rencana ini juga secara tidak langsung mendukung apa yang menjadi tujuan Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam menjadikan Sumsel sebagai Lumbung Pangan Nasional", ucapnya.

Terkait hal tersebut HD mengatakan bahwa apa yang menjadi rencana Soetarto beserta anggota tim lainnya merupakan hal yang sangat baik demi menciptakan kesejahteraan masyarakat terutama dibidang pertanian.

"pertemuan ini merupakan kebetulan yang sangat pas, karena beberapa hari yang lalu pihak Pemprov Sumsel baru saja meresmikan BUMD yang akan segera Saya launching dalam waktu dekat dan semoga ini dapat menjadi wadah untuk menjalankan pemikiran tersebut", ucap HD.

Selain itu Soetarto menyampaikan bahwa masih banyak para petani yang belum dapat menikmati nilai tambah dari hasil pertaniannya sendiri dan juga banyaknya pengusaha penggilingan padi kecil yang tidak berjalan dikarenakan banyaknya gabah padi yang dijual kedaerah lain. "Oleh sebab itu Bank Gabah sangat dibutuhkan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan ini", ucapnya.

Terkait hal tersebut, HD mengatakan bahwa ini harus segera dilakukan dan direalisasikan, "ini harus dibicarakan secara teknis untuk menghindari permasalahan yang akan dihadapi nantinya, secara keseluruhan Saya mendukung apa yang menjadi rencana Bapak - Bapak untuk membangun Bank Gabah di Sumsel", ungkap HD.

HD juga menegaskan sebelum membangun Bank Gabah ada hal penting yang perlu dilakukan yaitu menyamakan persepsi terlebih dahulu dan menguatkan niat untuk menuju tujuan besar ini.

"karena dalam membangun kesejahteraan Petani kita butuh komitmen yang harus dijalankan terus - menerus dan semoga audiensi ini dapat memberikan hasil yang baik, untuk kesejahteraan petani dan juga meningkatnya produksi serta kualitas yang dihasilkan oleh petani padi sumsel", pungkas HD.

Turut hadir Plt. Ka. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Prov. Sumsel, Dr. Ir. H. Firmansyah, M.Sc, Plt. Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumsel, Ir. Antoni Alam, M.Si.