Tiga Poktan di Kota Magelang Terima Bantuan Alsintan dari Kementan

Kabar Desa | DiLihat : 33 | Selasa, 06 Oktober 2020 | 16:54
Tiga Poktan di Kota Magelang Terima Bantuan Alsintan dari Kementan

MAGELANG – Tiga Kelompok Tani (Poktan) di Kota Magelang mendapat bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian RI yang berkolaborasi dengan Komisi IV DPR RI. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, di Ruang Sidang Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Senin (5/10/2020), yang dihadiri anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina.

Penerima bantuan yakni Poktan Ngudi Makmur Kecamatan Magelang Utara, Poktan Tunas Jaya Kecamatan Magelang Tengah dan Poktan Makmur Selatan Kelurahan Magelang Selatan.

Bantuan satu unit cultivator, satu unit pompa air, lima unit hand spayer dan satu unit mesin penanam padi (rice transplanter) diserahkan kepada Poktan Ngudi Makmur Kecamatan Magelang Utara. Sedangkan Poktan Tunas Jaya dan Makmur Selatan masing-masing menerima satu unit cultivator.

Sigit menyatakan, bantuan alsintan itu merupakan dukungan untuk peningkatan produksi dan produktivitas pertanian di Kota Magelang. Harapannya, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya meski lahan pertanian yang ada terhitung sempit.

“Walaupun lahan sempit, tapi petani di Kota Magelang harus semangat, tetap produktif. Manfaatkan sebaik-baiknya bantuan ini, dirawat. Terima kasih kepada Komisi IV DPR RI yang sudah memberikan perhatian kepada petani kita,” kata Sigit.

Ia meminta kepada Disperpa untuk dapat merumuskan dan mengoptimalkan lahan-lahan di wilayahnya, agar lebih inovatif untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya petani. Selain itu, Disperpa harus memberikan pendampingan agar petani bisa tetap bertahan di masa pandemi Covid-19.

“Lahan kita yang hanya berkisar 140 hektare ini saya harapkan bisa optimal, dirumuskan, agar lebih inovatif untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina menuturkan, bantuan tersebut merupakan komitmen dan wujud nyata kehadiran pemerintah untuk mendorong kemandirian serta kesejahteraan petani. Ia pun berharap petani bisa memanfaatkannya secara maksimal.

“Di Kota Magelang yang menerima tiga Poktan mewakili tiga kecamatan. Semoga bisa bermanfaat dalam menunjang produktivitas pertanian, kaitannya dengan teknologi tepat guna, sehingga hemat penggunaan kompos termasuk memperbaiki kualitas produk pertanian. Mudah-mudahan ke depan bantuan bisa ditambah lagi,” tutur Vita.

Ia berharap, petani bisa merawat alshintan ini sebaik-baiknya. Pada 2021 komisi IV DPR RI telah menyetujui anggaran agar Kementan RI memberikan bimbingan teknis (bimtek) pemeliharaan para petani penerima bantuan.

“Bimtek ini tujuannya agar para petani memiliki pengetahuan yang baik untuk menjaga, merawat, dan memberdayakan secara terus menerus, sehingga alsintan bermanfaat dengan maksimal,” kata Vita.