Peringati Bulan Bakti Peternakan, Bupati Brebes Bagikan Bantuan Kepada Peternak

Kabar Desa | DiLihat : 48 | Sabtu, 26 September 2020 | 08:27
Peringati Bulan Bakti Peternakan, Bupati Brebes Bagikan Bantuan Kepada Peternak

BREBES – Bulan Bakti Peternakan menjadi momentum untuk insan peternakan dan kesehatan hewan, dalam menyukseskan program swasembada pangan. Termasuk memberdayakan potensi pakan ternak lokal, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan peternak, serta potensi peternakan yang dimiliki Kabupaten Brebes.

Hal ini disampaikan Bupati Brebes Idza Priyanti usai menyerahkan bantuan ternak pada Bulan Bakti Peternakan di Lapangan Pondok Pesantren Al Ikhlas Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan, Kamis (24/9/2020).

Pada kesempatan tersebut, Idza menyerahkan secara simbolis bantuan ternak itik sebanyak 200 ekor yang berumur dua bulan kepada 20 orang peternak, 6.000 butir telur ayam, pengobatan masal untuk ternak, vaksinasi rabies dan pemberian masker kepada para peternak, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19.

“Bantuan dan pelayanan kesehatan hewan menjadi komitmen pemerintah daerah untuk mengembangkan usaha peternakan di Kabupaten Brebes,” terang Idza.

Ia berharap, Bulan Bakti Peternakan dapat menjadi momen meningkatkan kerja sama antara masyarakat peternak dan pemerintah. Sehingga dapat menghasilkan produksi hewan ternak yang unggul dan berkualitas.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes Ismu Subroto melaporkan, kegiatan Bulan Bakti Peternakan sudah dimulai sejak 28 Agustus dan puncaknya, Rabu 24 September 2020.

“Diawali di Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari, berupa kegiatan pengobatan masal ternak kambing sebanyak 386 ekor, dan vaksinasi hewan di antaranya tiga ekor anjing, empat ekor kucing, serta bantuan telur ayam sebanyak 360 butir,” paparnya.

Ismu menceritakan, pada 3 September di Desa Pamulian, Kecamatan Larangan telah dilaksanakan pengobatan masal untuk ternak kerbau sebanyak 294 ekor, pembagian masker dan penyerahan bantuan 640 butir telur ayam.

Ia menyebut, pada 12 September di Desa Laren, Kecamatan Bumiayu, juga telah dilaksanakan pengobatan masal ternak kambing sebanyak 218 ekor, vaksinasi rabies pada tujuh ekor kucing, serta bantuan 300 butir telur ayam.

“Selanjutnya, pada 16 September di Desa Tegalglagah, Kecamatan Bulakamba dilaksanakan pengobatan masal ternak kambing sebanyak 105 ekor,” pungkasnya.

Ismu mengungkapkan, sumber pendanaan kegiatan ini, selain dari APBD Kabupaten Brebes juga berasal dari pihak swasta. Yaitu kerja sama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan PT Charoen Pokhpand Brebes dan PT New Hope Brebes.

“Dengan budaya kerja kami yaitu Sehati, Amanah, Kemandirian, Terintegrasi dan Inovatif (SAKTI), semoga dapat terjalin kerja sama yang baik antara pemda, masyarakat dan pihak swasta untuk mengembangkan sektor peternakan di Kabupaten Brebes,” harapnya.