Adu Tangkas Ibu-ibu PKK Mengolah Ikan

Kabar Desa | DiLihat : 76 | Rabu, 23 September 2020 | 19:35
Adu Tangkas Ibu-ibu PKK Mengolah Ikan

JEPARA – Sebanyak 16 kelompok dari TP PKK kecamatan di Kabupaten Jepara mengikuti lomba masak olahan ikan yang digelar TP PKK Kabupaten Jepara di Pendapa RA Kartini, Rabu (23/9/2020).

Ketua TP PKK Kabupaten Jepara selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Jepara Hesti Nugroho menyampaikan, tiap tim memasak tiga menu andalan, yaitu menu keluarga yang bahan bakunya dari lele, menu balita, dan kudapan.

“Sasaran penyelenggaraan lomba masak ikan adalah terciptanya keanekaragaman menu masakan berbahan baku ikan,” ujar Hesti.

Selain memunculkan keanekaragaman menu, lanjutnya, melalui lomba tersebut juga sebagai ajang untuk menyosialisasikan pentingnya mengkonsumsi ikan. Sebab, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik, terutama bagi tumbuh kembang anak-anak.

“Sehingga terciptanya peningkatan budaya makan ikan di masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, peningkatan gizi kepada anak-anak pada masa tumbuh kembang otak menjadi isu penting saat ini. Termasuk peningkatan gizi melalui gerakan 1.000 hari pertama kehidupan. Hal tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pencegahan stunting.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengaku senang dengan lomba masak olahan ikan kali ini, karena telah ikut serta dalam mengkampanyekan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan). Di samping mendukung juga program pencegahan stunting.

“Ini untuk kemajuan Jepara. Kegiatan ini akan terus kita gelorakan sehingga warga masyarakat Kabupaten Jepara gemar makan ikan. Dari produk-produk olahan ini juga dapat memberikan manfaat bagi para nelayan kita,” ujar Dian Kristiandi.