120 Kube di Karanganyar Terima Stimulus Dana Pengembangan Usaha

Kabar Desa | DiLihat : 19 | Rabu, 16 September 2020 | 15:47
120 Kube di Karanganyar Terima Stimulus Dana Pengembangan Usaha

KARANGANYAR – Sebanyak 120 Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Kabupaten Karanganyar mendapat stimulus dana pengembangan usaha dari Kementerian Sosial, masing-masing sebesar Rp20 juta. Bantuan total senilai Rp2,4 miliar tersebut diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan usaha, sehingga dapat keluar dari Program Keluarga Harapan (PKH).

Bantuan diserahkan Bupati Karanganyar Juliyatmono di rumah dinas Bupati, Rabu (16/9/2020). Dalam kesempatan itu, Juliyatmono mewanti-wanti agar dana tersebut tidak disalahgunakan atau keluar dari program yang sudah ditetapkan.

“Setiap Kube ini beranggotakan 10 orang dan setiap Kube menerima Rp20 juta untuk usaha bersama. Harapan kami, mereka bisa keluar dari PKH, dan dapat mandiri untuk berusaha,” ujar Juliyatmono.

Ditambabkan, untuk jenis usaha yang dipilih, diserahkan kepada masing-masing Kube. Menurutnya, sebelum pandemi Covid-19, jumlah keluarga yang keluar dari PKH di Kabupaten Karanganyar sekitar 2.000 orang. Pihaknya berharap bantuan usaha bersama agar bisa dimanfaatkan untuk usaha demi keberlangsungan hidup.

“Saya selaku Pemerintah berdoa semoga Kube ini bisa berjalan dengan baik. Sudah ada pendamping yang akan memfasilitasi, sehingga usahanya bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.