Wamendes PDTT Resmikan Sarana Olahraga Desa Tenggela

Infrastruktur | DiLihat : 94 | Sabtu, 12 September 2020 | 18:35
Wamendes PDTT Resmikan Sarana Olahraga Desa Tenggela

GORONTALO - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi meresmikan sarana olahraga di Desa Tenggela, Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (12/9).
 
Selain sebagai sarana olahraga, area sekitar lapangan bulutangkis tersebut juga didesain menjadi sarana rekreasi warga setempat.
 
"Sarana olahraga bisa dipakai untuk olahraga masyarakat desa. Karena dengan olahraga kita bisa sehat," ujarnya.
 
Menurutnya, kesehatan masyarakat desa merupakan bagian dari upaya menciptakan Sumber Daya Manusia unggul. Kemajuan Indonesia ke depan, lanjutnya, sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia yang dimiliki.
 
"Jadi bapak-bapak sehat, ibu-ibu sehat, jadi melahirkan generasi-generasi yang sehat," ujarnya.
 
Budi Arie juga berharap, sarana olahraga yang telah dibangun tersebut dapat menciptakan atlet-atlet baru di Kabupaten Gorontalo.
 
Di sisi lain, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, lahan yang digunakan untuk membangun sarana olahraga tersebut juga merupakan tempat pengolahan limbah masyarakat setempat.
 
Tak hanya Desa Tenggela, menurut Nelson, terdapat 20 titik sarana olahraga di Kabupaten Gorontalo yang membangun sarana olahraga sekaligus menjadikannya sebagai tempat pengolah limbah ramah lingkungan.
 
"Ini sebenarnya komunal. Jadi di bawah ada pengolah limbah, di atas dibuat seperti taman yang ada sarana olahraganya. Banyak masyarakat yang limbahnya dibuang saja. Sehingga ini cara kita untuk mengatasi sanitasi lingkungan," ujarnya.