Cangkang Rajungan Asal Jateng Tembus Pasar Jepang

Peluang Usaha | DiLihat : 129 | Selasa, 08 September 2020 | 20:39
Cangkang Rajungan Asal Jateng Tembus Pasar Jepang

SEMARANG - Cangkang rajungan yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah ternyata menarik perhatian global dan berhasil menembus pasar internasional, salah satunya Jepang.

Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Semarang, Raden Gatot Perdana, di sela-sela kunjungannya ke salah satu industri pengolahan rajungan di Magelang, mengungkapkan cangkang rajungan ini memiliki sejumlah kandungan mineral yang kaya akan manfaat.

"Menurut beberapa penelitian para pakar, cangkang rajungan mempunyai kandungan mineral yang tinggi, terutama kalsium sebesar 19,97 persen dan fosfor 1,81 persen," terang Gatot.

Cangkang rajungan dapat diolah kembali untuk berbagai bahan lanjut. Tak heran, beberapa pengusaha melirik peluang usaha ini untuk mendatangkan profit. "Beberapa manfaat dari cangkang rajungan yaitu sebagai campuran bahan makanan ternak, sebagai bahan alami pengawet makanan dan juga untuk bahan kosmetik," tambahnya.

BKIPM Semarang mencatat, selama kurun waktu 8 bulan (Januari-Agustus 2020), pengiriman cangkang rajungan dengan tujuan negara Jepang dilakukan sebanyak 10 kali. Secara keseluruhan sebesar 239.000 kg atau senilai Rp.1.442.138.220.