Tempat Wisata di Bogor Belum Ada yang Sekelas Kampung Agrowisata Cibuluh

Agro Wisata | DiLihat : 138 | Rabu, 02 September 2020 | 21:21
Tempat Wisata di Bogor Belum Ada yang Sekelas Kampung Agrowisata Cibuluh

BILA ada suatu tempat dimana sebelum matahari menyumbul dari ufuk timur, geliat kehidupan pagi buta sudah terlebih dahulu muncul di dapur.

Bila ada suatu tempat dimana suara angin bersahutan dengan pekik ayam jago, lembut suara kerbau, kambing, kicau burung dan suara alam lainnya menjadi lonceng awal dan penanda geliat kehidupan akan hadir.

Bila ada suatu tempat di mana udara sejuk sepanjang hari selalu mengelus pipi serta lansekap gugusan gunung, persawahan, perkebunan dan garis langitnya memanjakan mata.

Itulah kampung wisata yang siap menggoda hati para pendatang dengan pesona bentang alam hutan halimun dan geliat kehidupan yang diwarnai kesahajaan kearifan lokal. Sungguh menawan bermalam di Kampung Wisata Agro Cibuluh,

Inilah tempat wisata di Bogor dengan suasana kampung agro yang di lingkar hutan Halimun.

Kampung Cibuluh atau Kampung Wisata Agro Cibuluh dibentengi lipatan gunung Halimun yang menawan. Tepatnya di Desa wisata Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, dengan alam berkontur, berundak dan dikelilingi hutan hujan terluas di tanah Jawa membuat kampung ini selalu diselimuti hawa sejuk.

Potensi besar yang dimiliki Cibuluh sebagai kampung wisata agro atau agrowisata, selain lansekap alam yang menawan ada pada sebagian masyarakat yang menopangkan hidupnya kepada kekayaan alam, seperti pertaniaan, perkebunaan atau peternakan.

Ikatan erat masyarakat kampung Cibuluh yang masuk kedalam bagian dari kasepuhan Cipatat kolok dan Kasepuhan Urug sentral Kasepuhan Halimun menjadikan perilaku kehidupan sehari-hari, gaya arsitektur bangunan rumah, dan cara bertani masyarkat di Kampung Cibuluh masih berada pada garis ketaatan adat.

Tak berlebihan kiranya bila mengatakan kehidupan di Kampung Cibuluh memiliki daya tarik yang menawan sebagai kawasan wisata agro/agrowisata. Mari bayangkan, bermalam dan berkesehariaan penuh bersama masyarakat kampung yang siap memberi nilai-nilai kearifan di sebuah kampung yang terletak di kaki gunung Halimun.

Geliat kehidupan yang damai diawali pekik ayam jago. Pagi-pagi buta sembari menikmati kudapan khas kampung, kita sudah digoda oleh wangi-wangian aroma dapur. 

Saat hari beranjak terang sedikit, lansekap alam yang mempesona telah siap menyambut kita bersama para petani dengan cangkul ditenteng lekas bergegas dan menghabiskan sebagian hari di tengah undakan persawahan dan perkebunan atau terikut warga lain menyusur  tegakan rapat hutan hujan di belakang kampung untuk menyadap pohon aren.

Lembayung tiba, cengkrama bersama tetangga yang selalu diwarnai kelakar bocah-bocah kecil sambil menikmati kudapan di teras depan rumah panggung yang menghadap balong (red: kolam ikan) akan menjadi pelepas lelah yang tepat setelah seharian penuh berkegiataan di tengah alam yang bersahaja. Suasana malam bukan main sunyi dan damainya, keramah-tamahan masyarakat kampung menjadi selimut yang hangat untuk kita yang bermalam di Kampung Wisata Agro Cibuluh.

Tak cukup untuk dibayangkan ternyata ada tempat wisata di Bogor yang dipenuhi nilai-nilai kearifan, itulah Kampung Cibuluh yang patut anda rasakan langsung, terlebih bagi orang yang tak memiliki kampung halaman dan merindukan suasana kehidupan yang damai, tenang nan sahaja.

Di Kampung Cibuluh tak sekadar memanjak, bersama alamnya kita dapat belajar, bersama masyarakatnya pun kita dapat belajar. selamat pulang ke kampung, selamat bermukim di tempat wisata di Bogor.


wisatahalimun