Ketua TP PKK Banyuasin: Ganyong Bisa Dijadikan Makanan Kekinian

Inovasi Desa | DiLihat : 104 | Minggu, 26 Juli 2020 | 18:28
Ketua TP PKK Banyuasin: Ganyong Bisa Dijadikan Makanan Kekinian

PANGKALAN BALAI - Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan selain akan membentuk PKK Mart di 21 Kecamatan dalam upaya mendorong pendapatan para pengurus dan menghidupkan perekonomian masyarakat. PKK Banyuasin juga akan menggali potensi sumber makanan nonberas yang ada di pedesaan yang dapat dikelola menjadi bahan makanan kekinian dan menjadi makanan khas Banyuasin.

 

"Ganyong akan jadi istimewa kalau kita beri sentuhan inovasi sehingga menjadi makanan kekinian, dan ini bisa kita menjadi makanan khas Banyuasin yang membumi," kata Ketua TP PKK Banyuasin dr Fitri Askolani saat melakukan Pembinaan dan penilaian 10 program pokok PKK dan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) Kabupaten Banyuasin di Desa Pelajau, Kecamatan Banyuasin III.

 

Banyuasin terang Fitri, sudah memiliki pempek udang yang berada di Sungsang, Tepung Pinang di Sumber Marga Telang dan Ganyong di Desa Pelajau Kecamatan Banyuasin III ini.

"Makanan ini bisa jadi oleh-oleh, atau bisa juga disuguhkan ketika ada acara menyambut tamu di Pemkab Banyuasin," katanya.

 

Ganyong menjadi olahan utama dari desa Pelajau, yang kita ketahui sangat baik untuk kesehatan. Akan terus dibudidayakan dan ke depan harus ada inovasi agar ganyong ini selalu ada sebagai kebutuhan pokok selain nasi.

 

“Desa Pelajau sudah diketahui pusat olahan ganyong yang berupa tepung dan dapat dijadikan campuran untuk membuat brownis, donat dan lainnya. Ini produk olahan yang kaya akan manfaatnya untuk gizi Kesehatan. Menjadi tugas kita agar produk olahan lokal dapat dikenal dan dipasarkan dengan baik,” jelasnya.

 

“Untuk itu TP PKK Kabupaten Banyuasin bersama Dinas Koperasi dan Perdagangan saat ini berupaya agar di tahun 2021 nanti setiap kecamatan akan memiliki PKK Mart. Tapi untuk pertama kali akan dibangun dulu di ibu kota kabupaten, yakni di Pangkalan Balai,” ungkapnya.

 

Desa Pelajau merupakan desa yang kaya akan hasil tanaman ganyong. Ganyong adalah tanaman umbi yang dapat menjadi sumber pangan alternatif karena kandungan pati (karbohidrat) yang tinggi. Umbi ini juga kaya akan protein, kalori, lemak, vitamin c, vitamin B1, fosfor, kalsium dan zat besi. Karena kandungan pati yang tinggi inilah dapat menjadi pengganti nasi. Oleh karena itu, upaya untuk mengembangbiakkan tanaman ganyong inilah yang digalakkan oleh TP PKK Kabupaten Banyuasin.

 

Camat Banyuasin III, Yuni Khairani juga mengakui bahwa Ganyong di Desa Pelajau telah menjadi alternatif olahan untuk bahan makanan. “Kami terus berupaya bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui PKK agar Ganyong ini dapat menjadi komoditi baru yang dapat bermanfaat baik bagi kesehatan, pengganti nasi dan untuk peningkatan usaha pendapatan keluarga,” ucapnya.

 

Dalam kesempatan ini juga diberikan 100 paket sembako bagi warga yang kurang mampu.

Turut hadir Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin Hj Neni Triharyani Slamet, Ketua DWP Kab Banyuasin Hj Hamida Senen Har, Ketua TP PKK Kec Banyuasin III Eva Susanti, Ketua TP PKK Desa Pelajau Suhaimi, serta Pengurus TP PKK Kabupaten dan Kec Banyuasin III. (end)