Bertani atau berkebun sama halnya dengan berbuat sedekah yaitu sebagian Amalan Sholeh.

Agri Style | DiLihat : 3455 | Senin, 07 Oktober 2019 | 13:17
Bertani atau berkebun sama halnya dengan berbuat sedekah yaitu sebagian Amalan Sholeh.

Dari Jabir bin Abdullah ra., Rasulullah pernah bersabda :

“Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang ataupun burung melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat.” (HR. Muslim)

Maksud dari hadits tersebut adalah, seseorang yang menanam sebuah tanaman lalu tanaman tersebut dimakan oleh manusia ataupun makhluk hidup lainnya, maka hal tersebut kelak akan menjadi shodaqoh bagi yang menanam hingga hari kiamat.

Bercocok tanam atau yang biasa disebut dengan bertani merupakan sebuah pekerjaan yang halal dan disukai oleh Allah SWT. Bertani juga merupakan pekerjaan yang mulia dalam Islam, karena orang yang bertani telah memberikan banyak manfaat bagi sesamanya maupun makhluk hidup lainnya. Dengan bertani kita telah memberikan manfaat kepada sesama manusia, yaitu menjual hasil tani kepada mereka agar mereka dapat bertahan hidup dan tetap bisa melanjutkan hidupnya untuk menggapai tujuan penciptaan manusia. Bertani juga memberikan manfaat bagi makhluk hidup lainnya, misalnya : makhluk hidup seperti burung, belalang, ulat dan lainnya mendapatkan makanan dari padi, buah dan tanaman bermanfaat lainnya yang ditanam oleh para petani