Pacu Sektor Pertanian, Purworejo Gandeng Perusahaan Swedia

Ekonomi | DiLihat : 337 | Kamis, 20 Juni 2019 | 10:38
Pacu Sektor Pertanian, Purworejo Gandeng Perusahaan Swedia

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggandeng perusahaan Swedia dengan tujuan utama memajukan sektor pertanian yang akan mengangkat kesejahteraan warga daerah tersebut.

Kerja sama tersebut mulai direalisasikan penandatanganan cooperation framework antara Pemkab Purworejo dan Supertext, perusahaan penyedia layanan aplikasi komunikasim, di Stockholm, Swedia, pada Rabu (19/6/2019).

Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Purworejo Agus Bastian dengan CEO Supertext Martin Jacobson. Penandatanganan disaksikan juga oleh Dubes RI untuk Swedia, Bagas Hapsoro.

"Penandatanganan cooperation framework ini langkah penting untuk memastikan inisiatif pemberdayaan masyarakat perdesaan dan memiliki dasar teknis yang tepat. Saya berharap nantinya seluruh lapisan masyarakat di Purworejo dapat terbantu dengan adanya program ini", ujar Bagas melalui siaran pers.

Agus juga menyatakan bahwa dengan adanya cooperation framework ini, kerja sama Pemkab Purworejo dengan Supertext semakin jelas.

"Cooperation framework ini memuat poin-poin penting terkait langkah-langkah teknis yang harus ditempuh dan saya yakin petani di Purworejo akan sangat terbantu dengan program kerja sama ini," ujarnya.

Terdapat lima poin dalam cooperation framework tersebut. Pertama, memastikan keberlanjutan transfer pengetahuan dan praktik terbaik dalam komunikasi massa.

Kedua, menyediakan sarana komunikasi dalam rangka pemberdayaan petani di Kabupaten Purworejo untuk mengakses informasi berkaitan dengan panen, cuaca, harga komoditas, dan informasi lain yang diperlukan untuk meningkatkan standar hidup mereka.

Ketiga, menyediakan sarana komunikasi dalam rangka manajemen krisis dan bencana, seperti serangan hama, dan untuk dapat berkoordinasi dengan lebih baik dengan dan antara pejabat dan petani Purworejo yang bekerja di daerah tersebut.

Keempat, membangun pasar jual beli digital antara petani Purworejo dengan pembeli di Indonesia dan global.

Kelima, menyediakan informasi yang relevan untuk kebutuhan petani seperti praktek terbaik bertani, manajemen pupuk, manajemen hama, dan manajemen hasil panen.

Cooperation framework ini diharapkan dapat dimulai bulan ini, dengan sasaran seluruh petani di Kabupaten Purworejo.

Penandatanganan Cooperation Framework merupakan kelanjutan dari penandatanganan letter of intent (LoI) antara Pemkab Purworejo dengan Supertext pada 10 April 2018.

bisnis